29.1 C
Luwuk
Selasa, Oktober 3, 2023

Bakomubin akan Gelar Munas Ketiga, Kepentingan Umat dan Bangsa Jadi Prioritas

Baca juga

Berdaulat.id, Jakarta – Badan Koordinasi Mubaligh se-Indonesia (Bakomubin) akan menyelenggarakan musyawarah nasional (munas) ketiga pada 16-18 Desember 2022 mendatang di Jakarta.

Rencananya, Munas Bakomubin ketiga ini akan dilaksanakan di Wisma Persaudaraan Haji Indonesia (PHI) Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Bakomubin, KH Tatang Natsir Fathuddin mengatakan, ada sejumlah agenda yang akan dibahas dalam munas tersebut.

Advertisements

“Pertama menyangkut kepemimpinan Bakomubin ke depan. Sudah banyak mubaligh yang berkualitas dan berintegritas yang bisa dinominasikan untuk menjadi pimpinan Bakomubin,” kata Kiai Tatang di Kantor DPP Bakomubin, Cempaka Putih, Jakarta Selatan, Selasa (7/12/2022).

Menurutnya, ada sejumlah nama yang punya kapasitas untuk memimpin Bakomubin.

“Di internal ada Dr Suhari, Dr Bukhari Muslim, Ustaz Tasyrifin Karim dan lainnya. Kalau dari luar ada usulan sejumlah nama kondang seperti Prof Dr Ustaz Abdul Somad, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Ustaz Das’ad Latif atau Ustaz Bachtiar Nasir (UBN),” ungkapnya.

“Mereka adalah mubaligh yang punya kuliatas intelektual dan integritasnya bisa dipercaya,” tambahnya.

Meski demikian, kata Kiai Tatang, semua keputusan tergantung suara dari para anggota yang menjadi utusan dari berbagai daerah. Bakomubin sendiri sudah ada di 30 provinsi.

“Mudah-mudahan kepemimpinan Bakomubin lebih menjanjikan ke depannya untuk kepentingan dakwah dan negara,” harap Kiai Tatang.

Agenda kedua, lanjut dia, merupakan program unggulan Bakomubin yaitu Pelatihan Kader Mujahid Dakwah Bela Negara.

“Targetnya satu juta orang, jadi dalam lima tahun ke depan diharapkan kita bisa melatih satu juta kader mujahid dakwah bela negara. Dan program ini bisa bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan,” tutur Pimpinan Ponpes Baitussalam Bogor itu.

Disamping itu, banyak program lain yang menyangkut kepentingan umat dan bangsa.

“Kebangsaan dan keumatan ini merupakan prioritas, sebab Bakomubin berorientasi untuk berhikmad kepada umat dan bangsa,” kata Kiai Tatang.

Ketua Dewan Syuro Bakomubin KH Anwar Sanusi menambahkan, kegiatan Munas tersebut akan dihadiri seluruh Pimpinan Daerah Bakomubin, para ulama tokoh, duta besar negara-negara Islam, serta pimpinan pusat kegiatan keislaman dari berbagai negara.

Pimpinan Pondok Pesantren Lembah Arafah Bogor itu menegaskan pentingnya kualitas dari hasil pertemuan tersebut.

“Jadi Bakomubin program utamanya bukan sekedar memilih pimpinan, tapi apa yang bisa diperbuat untuk kepentingan umat dan bangsa sehingga kehadiran Bakomudin bisa dirasakan masyarakat,” tandas Kiai Anwar. [ ]

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru