29.1 C
Luwuk
Senin, April 19, 2021

Bawaslu Bubarkan Lima Kampanye Pilkada Langgar Prokes

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Ketua FKUB Sulteng : ajak umat beragama hormati pelaksanaan ibadah Paskah

Berdaulat.id, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengajak umat beragama di Sulteng menjunjung tinggi,...

Perkuat Profesional Muslim, Forum Duta Amaliah Astra Gagas Syiar Kreatif

Berdaulat.id, JAKARTA--Yayasan Amaliah Astra (YAA) menggelar silaturahmi daring bertajuk Forum Duta Amaliah Astra, (06/03).Pertemuan nasional ini, menghadirkan...

Pemerintah Diminta Jamin Ketersediaan APD Bagi Tenaga Kesehatan

Berdaulat.id - Anggota Komisi IX DPR RI Intan Fauzi meminta pemerintah untuk menjamin ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan. Pasalnya,...

30 April Buruh Bakal Turun ke Jalan

Berdaulat.id - Beberapa serikat buruh pada 30 April bakal menggelar unjuk rasa di gedung DPR RI dan Kemenko Perekonomian.

Berdaulat.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengatakan telah membubarkan lima kegiatan pasangan calon (paslon) yang melanggar protokol kesehatan (prokes) selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di beberapa daerah.

“Jika kita persentasekan pelanggaran prokes dengan jumlah selama masa kampanye pilkada sembilan kabupaten/kota yang berlangsung, itu sebetulnya kecil,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Jumat.

Namun demikian, dikatakan Rusidi, hal sekecil apapun itu Bawaslu tegas dalam mengawasi pelanggaran protokol kesehatan hingga ke pelosok desa di masa pandemi COVID-19 ini.

“Tujuannya menghindari munculnya klaster baru penularan di kalangan pemilih,” katanya.

Bahkan, Rusidi mengatakan, selain membubarkan lima kampanye, Bawaslu juga telah memberikan 10 surat peringatan kepada paslon agar disiplin menerapkan 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan dalam tiap kegiatannya.

“Aturannya juga ditegaskan dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 6 disebutkan, dalam menangani protokol kesehatan, langsung diberikan peringatan di tempat saat dilakukan pelanggaran. Kalau satu jam belum juga berubah, maka kita dibantu kepolisian membubarkan kampanye tersebut,” katanya.

Dia mengklaim keberhasilan tim Bawaslu selama masa kampanye terbilang bagus karena tidak ada kasus kemunculan klaster pilkada di Riau.

Dia berharap hal ini akan terus bertahan dan terjaga hingga pelaksanaan pilkada dan penghitungan suara di sembilan kabupaten/kota selesai.

“Ini adalah keberhasilan kita semua, masyarakat, paslon, Parpol dan elemen di dalamnya yang memiliki komitmen tinggi, termasuk aparat Kepolisian dan Kejati untuk disiplin pada prokes,” kata Rusidi.

Lebih lanjut, Rusidi juga mengimbau kepada semua paslon Pilkada Serentak 2020 di Riau agar menegakkan prokes ketat saat berkampanye, dengan menerapkan 4 M dengan kesadaran bersama.

“Kita tidak mau ada klaster pilkada di Riau,” tukasnya.[]

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Partai Gelora: Teruslah berkolaborasi, hanya soal waktu

Berdaulat.id, Keyakinan kita dengan narasi baru dalam berpolitik, harus menghujam kuat dalam sikap, tindakan dan Aksi aksi...

Partai Gelora Sambut Baik Keputusan AS Tarik Mundur Pasukannya dari Afghanistan setelah 20 Tahun

Berdaulat.id, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyambut baik keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menarik 9.600...

Partai Gelora: Mengokohkan Identitas Sebagai Partai Nasionalis, Religius, dan Millenial

Berdaulat.id, Lahir di tengah krisis, partai baru tentu punya PR yang amat besar. Dengan...

Audiensi dengan Ketua SKK Migas, Kapolri Tekankan Pendampingan Untuk Sehatkan Iklim Investasi

Berdaulat.id, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audiensi dengan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan...

Didera Kasus Hukum, Habib Rizieq Shihab Malah Sukses Raih Gelar Doktor dari Universiti Sains Islam Malaysia

Berdaulat.id, JAKARTA – Imam Besar Front Persatuan Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab lulus dari ujian program doktoral...