Kamis, April 18, 2024
BerandaEkonomiBelanja di Dayamart, Bantu Hidupkan UMKM dan Perekonomian Masyarakat

Belanja di Dayamart, Bantu Hidupkan UMKM dan Perekonomian Masyarakat

Berdaulat.id – Dayamart merupakan sebuah minimarket yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari atau FMCG (Fast Moving Consumer Goods) yang digagas oleh Lembaga filantropi Dompet Dhuafa Niaga.

Daya Mart Depok mulai didirikan dengan persiapannya di bulan Januari 2019. Soft opening dimulai 1 Februari 2019 dan selanjutnya pada tanggal 1 Mei 2019 dilakukan Grand Opening yang dilakukan serentak denga acara tabligh akbar dan penyelenggaraan potong pita oleh Ustadz. Muhammad Zaitun Rasmin.

“Dayamart berdiri atas permintaan Wahdah Islamiyah melalui Koperasi Bahtera di bawah pimpinan Ustadz Ilham, yang menunjuk Dompet Dhuafa Niaga sebagai konsultan, kontraktor dan operator,” kata kepala Divisi Pengembangan Bisnis Dompet Dhuafa Niaga Ahmad Mukhlis, Selasa (9/6/20).

Ahmad Mukhlis menjelaskan, tugas Dompet Dhuafa Niaga sebagai konsultan adalah memberikan pelayanan hingga memfasilitasi sesuai kebutuhan user atas pendirian toko. Sedangkan, sebagai kontraktor yakni mendirikan dan mempersiapkan toko hingga siap dibuka.

Lalu, sebagai operator, melakukan pesiapan SDM, hingga pelaksanaan kegiatan bisnis serta manajerial operasional gerai toko yang bernama Dayamart Fresh.

Dia menambahkan, selain menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti makanan, minuman, snack, kebutuhan sembako, bumbu dapur hingga frozen food, Dayamart juga menyediakan rak khusus produk-produk herbal dengan nama Pojok Herbal.

Selain Pojok Herbal, yang membedakan Dayamart dengan minimarket lain adalah disediakannya rak untuk produk-produk UMKM, dimana pelaku usaha pemula atau skala kecil kebanyakan sulit masuk ke toko minimarket.

“Sehingga membuka peluang besar untuk para mitra pelaku usaha UMKM bekerjasama dengan Dayamart menjualkan produk-produk mereka di Dayamart,” terang Ahmad Mukhlis.

Untuk kualitas produk dan harga dengan Gerai lainnya, Dayamart memiliki beberapa suplier dan distributor guna melengkapi barang-barang yang pada umumnya dijual di toko minimarket lainnya.

“Sehingga produk yang sama dengan kualitas terjamin dari merk-merk ternama pada umumnya. Dari harganya pun kompetitif, bahkan Dayamart memberikan harga-harga promo menarik untuk para pengunjung,” ungkapnya.

Lebih jauh, Ahmad Mukhlis menuturkan manfaat belanja di Dayamart, yakni ikut berkontribusi membantu perekenomian masyarakat, baik kecil dan menengah. Selain itu keuntungan dari hasil penjualannya sebagian disalurkan untuk pengembangan sosial dan dakwah dengan bekerjasama dengan LAZ Dompet Dhuafa maupun LAZ Wahdah Islamiyah (Dayamart Depok).

“Selain itu dengan berbelanja di Dayamart membantu menyerap pasar dengan membeli produk-produk UMKM, petani lokal hasil pemberdayaan Dompet Dhuafa, sperti beras, kopi, gula semut dan lainnya,” tandasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments