29.1 C
Luwuk
Sabtu, November 21, 2020

Berencana Dirikan BLK, Gubernur Gorontalo Kunjungi BLK Lembang Dan Bandung

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Mushola Truk Al-Hijrah

Berdaulat.id - Wong Solo Group pimpinan Puspo Wardoyo yang bergerak di bidang kuliner tradisional, berinisiatif bikin mushola yang mobile, disebutnya Mushola Truk...

Dubes Rusia Tegaskan Ancaman Sanksi AS Takkan Batalkan Pembelian Sukhoi Indonesia

Berdaulat.id - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menegaskan bahwa ancaman sanksi dari Amerika Serikat (AS) tidak membatalkan rencana pembelian Sukhoi...

Soal TKA Asal China Masuk RI, DPR: Investasi Asing Jangan Langgar Pancasila dan UUD 1945

Berdaulat.id - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Amin Ak menanggapi ribut-ribut soal masuknya 500 tenaga kerja asing (TKA) asal...

Survei LKPI di Pilgub Kepri 2020, Elektabilitas Soerya Raspationo Tertinggi

Berdaulat.id - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) kembali menyelenggarakan survei pada 22 Juli - 8 Agustus 2020. Survei kali ini dilakukan untuk...

Berdaulat.id -Balai Latihan Kerja (BLK) Cikole Lembang, Bandung, mendapat kunjungan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibibe, Jumat (20/11/2020). Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan, Budi Hartawan, menyambut langsung kedatangan Gubernur.

Gubernur Rusli mengatakan, kunjungannya dalam rangka melihat secara langsung aktivitas dan manfaat keberadaan BLK Lembang. Hal itu untuk nantinya menjadi acuan pendirian BLK di Gorontalo.

“Kita meninjau BLK Lembang dan Bandung sebagai percontohan untuk pendirian BLK di sana. Termasuk testimoni para instruktur dan peserta yang dilatih itu, hasilnya akan sangat bermanfaat buat masyarakat,” kata Rusli.

Rusli beralasan, pemilihan BLK Lembang sebagai tempat percontohan karena terdapat kemiripan dengan Gorontalo, yakni mayoritas masyarakat Gorontalo berprofesi sebagai peternak dan petani.

“Kita mau mendidik petani itu betul-betul menjadi petani yang unggul, bukan petani yang turun temurun seperti itu,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia sempat mengelilingi lokasi proses pembudidayaan di tiga sektor, yaitu perikanan, peternakan, dan pertanian. Ia juga berbincang dengan para instruktur dan peserta pelatihan di tiga sektor tersebut.

“Setelah melihat di sini sangat bagus. Anak-anak yang dilatih sangat respons. Instrukturnya sangat berpengalaman, hasilnya sudah ada. Bayangan saya itu, besok sudah (ada BLK) di Gorontalo karena melihat dari Jawa Timur ada, dari Lombok ada, dari NTT ada, dari Gorontalo pun sudah ada instrukturnya jadi betul-betul sudah mengakar dan terberdaya. Sudah sangat bermanfaat bagi mereka,” terangnya.

Dirjen Binalattas, Budi Hartawan menyatakan apresiasi atas kunjungan Gubernur Gorontalo ke BLK Lembang. Budi berharap, BLK di Gorontalo dapat segera berdiri.

“Kami berharap ada BLK seperti ini juga bisa dibangun di Gorontalo, sehingga nanti hampir di seluruh provinsi ada BLK,” kata Budi.

Budi mengatakan, BLK dibangun untuk mencari solusi jangka pendek agar dapat mendekatkan antara keterampilan di perusahaan dan keterampilan pencari kerja yang saat ini kesenjangannya masih terjadi.

“Kita harapkan ada BLK yang dibangun di sana, yang terintegrasi kejuruannya, bisa menghasilkan para pencari kerja yang bisa bekerja atau berwirausaha,” ucapnya.

Senada dengan Dirjen Binalattas, Kepala BLK Lembang, Tuti Haryanti, menyampaikan terima kasih atas kunjungan gubernur dan kepercayaan kepada pihaknya untuk membantu mendirikan BLK di Gorontalo.

“Kami dari BLK Lembang siap mendukung dan kami siap membantu dalam proses perencanaan, set up, program-program pelatihannya, dan apa yang dibutuhkan di Gorontalo, kami siap membantu,” kata Yanti.

Pada kesempatan itu, selain mengunjungi BLK Cikole, Lembang, Gubernur juga mengunjungi BBPLK Bandung. (Prasetyo/Rls).

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Pakai Earphone Terlalu Lama Berakibat Infeksi

Keluhan nyeri, iritasi dan infeksi pada telinga dalam tujuh hingga delapan bulan terakhir terus meningkat selama pandemi COVID-19, disebabkan penggunaan earphone dalam waktu yang...

Pemprov Sulteng Minta Apkasindo Bantu Bina Petani Sawit

Berdaulat.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengharapkan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sulteng untuk membantu pemerintah untuk membina petani sawit.

Soal Kerumunan Masa FPI, Di Bareskrim Ini yang Di Katakan Ridwan Kamil

Berdaulat.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa masyarakat tetap boleh berkegiatan selama masa pandemi COVID-19 asalkan menaati Adaptasi Kebiasaan Baru...

Australia Bakal Adili Tentaranya yang Bunuh Tahanan di Afghanistan

Berdaulat.id - Sejumlah anggota pasukan khusus militer Australia kemungkinan akan diadili atas dugaan terlibat dalam aksi kejahatan perang di Afghanistan.

Johan Zarco Catat Waktu Tercepat di FP2

Berdaulat.id - Pebalap tim Esponsorama Racing Johann Zarco memimpin catatan waktu latihan bebas Grand Prix Portugal mengungguli Maverick Vinales dan Aleix Espargaro...