29.1 C
Luwuk
Jumat, Mei 14, 2021

Berencana Dirikan BLK, Gubernur Gorontalo Kunjungi BLK Lembang Dan Bandung

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Jaringan Alumni Timur Tengah Jalin Sinergi dengan Tawaf TV

Berdaulat.id - Langkah demi langkah menuju kebermanfaatan terus dilakukan JATTI. Setelah pertemuan pembuka dengan wakil ketua DMI, Komjen Pol. Syafruddin beberapa waktu...

Tolak RUU Omnibus Law

Berdaulat.id - Sejumah Aktivis Greenpeace Indonesia melakukan aksi damai dengan memasang puluhan patung yang dilakukan didepan Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta.Senin (29/6/2020). Dalam...

Tolak Omnibus Law

Berdaulat.id -Ratusan massa yang tergabung Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa didepan pintu gerbang gedeng MPR/DPR/DPD...

LaNyala Mahmud Mattalitti : Sosialisasi Empat Pilar, Lima Sila Sudah Final, Agama Bukan Ancaman Pancasila

Berdaulat.id -Dinamika sosial menyusul maraknya penolakan atas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) mendapat perhatian khusus dari anggota DPD-MPR RI AA...

Berdaulat.id -Balai Latihan Kerja (BLK) Cikole Lembang, Bandung, mendapat kunjungan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibibe, Jumat (20/11/2020). Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan, Budi Hartawan, menyambut langsung kedatangan Gubernur.

Gubernur Rusli mengatakan, kunjungannya dalam rangka melihat secara langsung aktivitas dan manfaat keberadaan BLK Lembang. Hal itu untuk nantinya menjadi acuan pendirian BLK di Gorontalo.

“Kita meninjau BLK Lembang dan Bandung sebagai percontohan untuk pendirian BLK di sana. Termasuk testimoni para instruktur dan peserta yang dilatih itu, hasilnya akan sangat bermanfaat buat masyarakat,” kata Rusli.

Rusli beralasan, pemilihan BLK Lembang sebagai tempat percontohan karena terdapat kemiripan dengan Gorontalo, yakni mayoritas masyarakat Gorontalo berprofesi sebagai peternak dan petani.

“Kita mau mendidik petani itu betul-betul menjadi petani yang unggul, bukan petani yang turun temurun seperti itu,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia sempat mengelilingi lokasi proses pembudidayaan di tiga sektor, yaitu perikanan, peternakan, dan pertanian. Ia juga berbincang dengan para instruktur dan peserta pelatihan di tiga sektor tersebut.

“Setelah melihat di sini sangat bagus. Anak-anak yang dilatih sangat respons. Instrukturnya sangat berpengalaman, hasilnya sudah ada. Bayangan saya itu, besok sudah (ada BLK) di Gorontalo karena melihat dari Jawa Timur ada, dari Lombok ada, dari NTT ada, dari Gorontalo pun sudah ada instrukturnya jadi betul-betul sudah mengakar dan terberdaya. Sudah sangat bermanfaat bagi mereka,” terangnya.

Dirjen Binalattas, Budi Hartawan menyatakan apresiasi atas kunjungan Gubernur Gorontalo ke BLK Lembang. Budi berharap, BLK di Gorontalo dapat segera berdiri.

“Kami berharap ada BLK seperti ini juga bisa dibangun di Gorontalo, sehingga nanti hampir di seluruh provinsi ada BLK,” kata Budi.

Budi mengatakan, BLK dibangun untuk mencari solusi jangka pendek agar dapat mendekatkan antara keterampilan di perusahaan dan keterampilan pencari kerja yang saat ini kesenjangannya masih terjadi.

“Kita harapkan ada BLK yang dibangun di sana, yang terintegrasi kejuruannya, bisa menghasilkan para pencari kerja yang bisa bekerja atau berwirausaha,” ucapnya.

Senada dengan Dirjen Binalattas, Kepala BLK Lembang, Tuti Haryanti, menyampaikan terima kasih atas kunjungan gubernur dan kepercayaan kepada pihaknya untuk membantu mendirikan BLK di Gorontalo.

“Kami dari BLK Lembang siap mendukung dan kami siap membantu dalam proses perencanaan, set up, program-program pelatihannya, dan apa yang dibutuhkan di Gorontalo, kami siap membantu,” kata Yanti.

Pada kesempatan itu, selain mengunjungi BLK Cikole, Lembang, Gubernur juga mengunjungi BBPLK Bandung. (Prasetyo/Rls).

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Idul fitri 1442 H, pelayanan penerbitan SIM libur

Berdaulat.id, Palu, Selama hari raya Idul fitri 1442 H, pelayanan penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di jajaran...

Bukber Yatim-Dhuafa, Jufi dan Teladanku Hadirkan “Badut Syariah”

Berdaulat.id, BEKASI—Anak-anak yatim-dhuafa di ruangan itu terlihat antusias menyimak materi agama yang disampaikan seorang ustaz yang berpenampilan...

Persembahan WIZ untuk Naba Faiz (buka takjil salah sasaran)

Berdaulat.id, Bantul— Terungkapnya perempuan misterius pengirim sate beracun di Kabupaten Bantul yang menewaskan Naba Faiz Prasetya (10)...

Bersama Panglima TNI, Kapolri Tinjau Pos Penyekatan Merak-Bakauheni

Berdaulat.id, JAKARTA— Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua DPR RI...

100 Hari Kerja Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

Berdaulat.id, JAKARTA - Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri selama 100 hari kerja pada 8...