29.1 C
Luwuk
Minggu, Februari 28, 2021

Berikut Teh yang Mampu Redakan Penyakit Asma

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Libatkan Pekerja Ter-PHK, Menaker Ajak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Covid 19.

Berdalulat.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah melibatkan para pekerja/karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam penyemprotan desinfektan di perusahaan. Pelibatan...

Ledakan di Beirut, Abdul Kharis: Indonesia Berduka Bersama Rakyat Libanon

Berdaulat.id - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyampaikan duka mendalam atas ledakan hebat yang mengguncang ibu kota Lebanon,...

Atlet dan Pelatih Dapat Bantuan dari Pemprov Sulteng

Berdaulat.id - Di tengah pandemi COVID-19 para atlet dan pelatih asal Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi dan KONI setempat.

Resmikan Gedung Asminduk, Bupati Banggai Minta Tetap Perhatikan Protokoler Kesehatan

Berdaulat.id - Bupati Banggai H. Herwin Yatim, Kamis (4/6/2020), meresmikan penggunaan gedung Pelayanan Administrasi Kependudukan (Asminduk), bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan...

Minum teh dipercaya dapat menghilangkan stres, meningkatkan energi, meredakan migrain dan lainnya, bahkan teh juga dipercaya mampu meredakan gejala asma.

Penelitian menunjukkan bahwa ada ribuan herbal dan rempah-rempah yang digunakan dalam bentuk teh selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pernapasan.

Jika Anda mengalami gejala asma ringan, beberapa jenis teh berikut ini dapat membantu untuk meredakannya, demikian dilansir Boldsky, Kamis.

Teh hitam

Teh hitam adalah minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Teh ini berasal dari tanaman Camellia sinensis. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam mengandung kafein, yang dapat membantu melemaskan saluran udara dan meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini juga dapat meredakan gejala asma untuk sementara.

Teh hijau

Teh hijau, salah satu minuman yang banyak dikonsumsi juga berasal dari tumbuhan Camellia sinensis. Teh hijau penuh dengan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu menurunkan peradangan saluran napas pada tikus dengan asma bronkial. Selain itu, teh hijau mengandung kafein, yang dapat meningkatkan fungsi saluran udara hingga empat jam pada pasien asma, sehingga memberikan kelegaan sementara.

Teh Jahe

Jahe (Zingiber officinale) adalah bumbu terkenal yang dikemas dengan nutrisi dan senyawa bioaktif. Studi tabung reaksi menggunakan sel manusia telah menemukan bahwa gingerol dan shogaols, dua senyawa penting yang ada dalam jahe dapat membantu memerangi asma dengan menurunkan peradangan saluran udara.

Studi lain menunjukkan bahwa jahe secara efektif dapat mengurangi gejala asma pada pasien asma.

Teh kayu putih

Pohon kayu putih banyak digunakan untuk obat. Daun pohon eukaliptus digunakan untuk membuat teh kayu putih dan minyak esensial kayu putih.

Teh kayu putih mengandung antioksidan dan senyawa tanaman seperti kayu putih, juga dikenal sebagai cineole, yang telah terbukti membantu meredakan gejala asma. Studi lain juga menunjukkan bahwa aktivitas anti-inflamasi kayu putih dapat membantu mengelola gejala asma.

Teh licorice

Teh licorice yang terbuat dari akar tanaman licorice (Glycyrrhiza glabra) digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk asma.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak glycyrrhizin dari akar licorice dapat membantu meringankan gejala asma, terutama bila dikombinasikan dengan pengobatan asma saat ini. Namun, studi penelitian manusia masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Teh mullein

Teh mulleinadalah minuman aromatik yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sejumlah kondisi termasuk asma. Teh mulleindibuat dari daun mullein(Verbascum thapsus), tumbuhan berbunga.

Studi penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa teh mullein dapat membantu mengobati gejala asma dengan mengurangi peradangan, yang membantu mengendurkan otot-otot di saluran pernapasan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini.3

Teh Rooibos

Teh rooibos adalah teh kaya rasa yang dikenal karena khasiat obatnya. Itu dibuat dengan menggunakan daun dari tanaman rooibos (Aspalathus linearis). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh rooibos dapat meredakan asma, alergi, dan masalah kesehatan lainnya.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Kapolda Sulteng dan Danrem 132 Tadulako Launching Kampung tangguh nusantara di Palu dan Donggala

Berdaulat.id, Palu - Dua petinggi TNI Polri di Sulawesi Tengah hari ini melakukan launching kampung tangguh nusantara...

Waketum MUI Kecewa Pemerintah Izinkan Industri Miras

Berdaulat.id, Pemerintah menetapkan industri minuman keras sebagai daftar positif investasi (DPI) terhitung sejak 2021. Sebelumnya, industri tersebut...

Regenerasi Kepemimpinan, FORJIM Akan Gelar Munas II

Berdaulat.id, Jakarta – Masa khidmat Pengurus Pusat Forum Jurnalis Muslim (PP Forjim) Periode 2018-2021 secara resmi telah...

Ketua PKK Provinsi Sulteng Lantik Lima Ketua TP PKK

Berdaulat.id, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Zalzulmida A Djanggola melantik Ketua TP PKK lima kabupaten...

Lantik Lima Pasang Kepala Daerah, Ini Harapan Gubernur Sulteng

Berdaulat.id, Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola melantik lima pasangan calon kepala Daerah terpilih pada Pilkada 2020...