Minggu, Juni 16, 2024
BerandaEkonomiCukupi Pangan Nasional, Pemerintah Diharap Tambahkan Anggaran

Cukupi Pangan Nasional, Pemerintah Diharap Tambahkan Anggaran

Berdaulat.id – Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, berharap pemerintah memberikan anggaran tambahan untuk mencukupi pangan nasional.

Hal itu, dikatakan pria asal Sumatera Barat (Sumbar), lantaran ketersediaan pangan merupakan hal penting. Apalagi, ditengah merebaknya wabah virus Corona yang berasal dari Wuhan China.

“Sejatinya anggaran kementerian yang terkait dengan pengadaan pangan tidak dipotong. Sebaliknya, harus ditambah dalam kondisi saat ini,” ucapnya seperti dilansir antara, Rabu (29/4/20).

Menurut dia, kementerian yang terkait pangan perlu mendapatkan sokongan anggaran yang besar mengingat urgensinya sebagai tulang punggung pengadaan pangan nasional.

“Ketersediaan pangan merupakan jaminan terhadap keberlangsungan hidup masyarakat sekaligus menguatkan imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19,” kata dia.

Ia melihat saat ini, APBN merupakan faktor dominan penggerak berbagai sektor pembangunan ekonomi, termasuk sektor pangan.

Pemotongan anggaran kementerian yang bermitra dengan Komisi Pangan DPR dapat melemahkan pembangunan sektor pertanian, lingkungan hidup, kehutanan, kelautan dan perikanan yang akan berdampak pada berkurangnya produktivitas ketersediaan pangan, katanya.

Ia mengkhawatirkan berkurangnya ketersediaan pangan di tengah pandemi Covid-19 merupakan indikator awal krisis pangan.

Pada isi lain saat ini petani dan nelayan tidak bisa optimal bekerja karena diterapkannya PSBB serta kondisi iklim yang saat ini tengah memasuki pancaroba.

“Selain itu konsumsi pangan tidak dapat dikurangi bahkan yang terjadi sebaliknya cenderung meningkat, jangan sampai Indonesia mengalami krisis pangan,” tuturnya.[ark]

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments