29.1 C
Luwuk
Selasa, April 20, 2021

Di G20 Ini yang Disampaikan Mentan

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Bahaya ulama instan

Shamsi Ali, Foto : Net. Kita hidup di sebuah era yang penuh dengan hiruk pikuk yang membisingkan. Bahkan...

Sepanjang Senin Jakarta Diperkirakan Hujan

Berdaulat.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah Jakarta diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Senin siang...

Kapolda Sulteng Tegaskan Adanya Bom di Badan Dua DPO

Berdaulat.id - Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol. Syafril Nursal mengatakan bahwa jajarannya menemukan bom dibadan dua orang pelaku DPO jaringan MIT...

Kaum Perempuan Bisa Pimpin Gelombang Solidaritas 2020 Lawan Covid-19

Berdaulat.id - Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah mengatakan, kaum perempuan memegang peranan penting dalam gelombang solidaritas...

Berdaulat.id – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tekankan peran penting sektor pertanian dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia di tengah pandemi COVID-19, saat menghadiri pertemuan virtual Menteri Pertanian dan Irigasi G20, Sabtu (12/9/2020) malam.

Mentan Syahrul dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu menegaskan pertemuan G20 ini sangat penting dalam upaya akselerasi pembangunan pertanian mengingat peran sektor pertanian di tengah dampak pandemi menjadi penyelamat perekonomian negara.

Oleh karena itu, pertemuan ini merupakan wadah untuk dapat saling berbagi pandangan dalam rangka pencapaian pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan.

“Peran sektor pertanian di Indonesia saat ini cukup signifikan, yang terlihat dari kontribusinya terhadap total PDB mencapai 14 persen dan menyediakan lapangan kerja bagi hampir separuh total penduduk,” kata Mentan.

Mentan Syahrul juga menyebutkan peningkatan pertumbuhan PDB sektor pertanian sekitar 2,19 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year).

Pada kuartal II 2020 ini juga pertanian menunjukkan capaian pertumbuhan hingga 16,24 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Menteri Lingkungan
Kerajaan Arab Saudi Abdulrahman A Alfadley selaku tuan rumah penyelenggara, serta para menteri pertanian dan irigasi anggota G20, perwakilan negara dan organisasi internasional.

Syahrul membeberkan di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19, Pemerintah Indonesia terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan, memberikan perlindungan sosial, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional.

Untuk menjaga ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat di era adaptasi kebiasaan baru Kementan hingga saat ini telah mengembangkan seperangkat kebijakan yang disebut dengan 4 Cara Bertindak.

“Pertama, meningkatkan kapasitas produksi melalui percepatan tanam padi, konversi lahan suboptimal menjadi lahan pertanian dan perluasan areal kawasan budi daya baru untuk komoditas strategis,” kata Mentan.

Kedua, melakukan diversifikasi pangan lokal melalui pengembangan diversifikasi pangan berbasis kearifan lokal dan pemanfaatan pekarangan dan lahan marjinal.

Ketiga, memperkuat cadangan pangan dan sistem logistik melalui pengembangan cadangan pangan di tingkat provinsi dan masyarakat dan meningkatkan sistem logistik pangan nasional untuk stabilisasi pasokan dan harga.

Keempat, pengembangan pertanian modern melalui promosi mekanisasi pertanian, smart farming, pemanfaatan screen housefood estate dan korporasi petani.

Mentan menambahkan Indonesia juga terus mendorong pemanfaatan teknologi digital dan inovasi sebagai komponen penting dalam mewujudkan sistem pangan berkelanjutan, inklusif dan tangguh, di tengah goncangan akibat pandemi COVID-19.

“Dalam pertemuan ini, saya mengajak seluruh Menteri Pertanian G20 dan organisasi internasional untuk berkolaborasi dalam penanganan dampak pandemi COVID-19 terhadap sistem pangan global,” tutup Mentan

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Relawan Jokowi Berharap Presiden Jokowi Tak Pilih Menteri Dari kader Parpol

Berdaulat.id, Seluruh organ simpul relawan Jokowi menaruh harapan tinggi terhadap reshuffle kabinet yang kabarnya akan dilakukan Presiden...

Klarifikasi Donasi Untuk Masjid di Toronto Canada – Ustadz Adi Hidayat⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣Berdaulat.id, Menanggapi berita yang tengah beredar pada saat ini yang menyebutkan bahwa pembangunan...

Kemana Arah Politik Jokowi Di Pilpres 2024?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, Tiga periode jabatan presiden, hampir tidak mungkin...

Artikel Ramadhan 7 : Shalat Tarawih

Berdaulat.id, Waktu Shalat Tarawih       Waktu shalat Tarawih/Lail adalah sesudah shalat Isya’ hingga terbit...

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, 2024 terasa sangat dekat. Meski masih dua...