Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBerita UtamaDPPM Universitas Indonesia Kolaborasi Pondok Quran Annahl Cianjur Dirikan Gubuk Saung Riung

DPPM Universitas Indonesia Kolaborasi Pondok Quran Annahl Cianjur Dirikan Gubuk Saung Riung

Berdaulat.id, CIANJUR – Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM) melalui Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, memberikan dana untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat tahun 2023 bertajuk Rumah Sederhana Pasca Gempa.

Kegiatan tersebut adalah bagian dari Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat yang bersinergi dengan Pondok Pesantren Quran Annahl Kabupaten Cianjur dan telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2023 lalu.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan dalam rangka pengembangan prinsip kontruksi struktur bangunan sederhana pasca gempa,” terang Coriesta Dian Sulistiani, S.Ars., M.Ars dosen dari Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat kepada jurnalis Mas Andre Hariyanto dalam wawancara singkat, Ahad (5/11/2023).

Kegiatan ini merupakan wadah untuk belajar bersama dalam ilmu arsitektur dan teknologi bangunan yang diberi nama Saung Riung atau Gubuk Berkumpul ini disambut hangat oleh Ustadz Syamsi Palahudin sebagai Pembina Yayasan Taman Qur’an Annahl Indonesia yang didampingi oleh Ustadz M. Firdaus selaku Pimpinan Pondok Pesantren An-Nahl Cianjur.

“Selamat datang kepada dosen Universitas Indonesia atas kontribusinya di Pondok Annahl berupa saung, walaupun kami dibilang berada di ujung dan pelosok tapi hanya Allah SWT yang bisa mengerakkan semua kita bisa berjumpa disini,” jelas Ustadz Syamsi dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini, Pondok Pesantren Annahl Cianjur dan Universitas Indonesia (UI) meresmikan bersama “Saung Riung” untuk memfasilitasi pembelajaran dan menghafal Al-Qur’an oleh puluhan santri – santriwati yang mondok.

“Semoga bisa bermanfaat dalam kegiatan Pondok Quran Annahl dan lancar aktivitasnya, serta ini bukan yang terakhir dan harapannya bisa menjadi pintu untuk bentuk kerja sama lainnya untuk pengembangan ruang-ruang edukasi,” tambah Coriesta Dian Sulistiani dan Ova Candra yang sehari-harinya merupakan dosen di Departemen Arsitektur, Kelompok Ilmu Arsitektur Sains dan Teknologi Bangunan (ASBT).

Hadir juga saat acara Dalhar Susanto selaku ketua klaster. Dia sangat menyambut baik kegiatan seperti ini untuk terus dikembangkan.

Progres pembangunan ini juga didukung oleh Kamata Foundation, Universitas Indonesia dan Pondok Quran Annahl. Kedatangan juga alumni An-nahl Andre Hariyanto dan Aisyah Putri Widodo dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan AR Learning Center. */Mas Andre Hariyanto

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments