29.1 C
Luwuk
Selasa, November 24, 2020

Gubernur Sulsel Harap Pembuatan Kapal Roro Segera Tuntas

Data Real Time COVID-19

Baca juga

ASN Poliandri, Komisi II DPR: Harus Diberi Sanksi Tegas

Berdaulat.id - Kabar dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo yang mengungkapkan adanya fenomena pelanggaran baru oleh Aparatur...

Kejagung Terima Banyak Masukan KPK dalam Kasus Djoko Tjandra

Berdaulat.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) menerima banyak masukan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam gelar perkara kasus Djoko Soegiarto Tjandra (DST) dan...

Menko Polhukam Ajak Semua Pihak Konsisten Jaga Pancasila dan NKRI

Berdaulat.id - Menko Polhukam Mahfud MD, mengajak semua pihak untuk bersama-sama memikirkan dan berkomitmen menjaga Indonesia dari rongrongan kelompok radikal yang mengganggu...

Apakah di Yamaha Petronas Rossi sampai 2022

Berdaulat.id - kepastian Pembalap Monster yamaha pabrikan, Valentino Rossi yang akan hijrah ke tim yamaha petronas semakin terbuka lebar.

Berdaulat.id – Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah meminta PT IKI segera menyelesaikan pembuatan kapal roro untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kapal penyeberangan penumpang ini dipandang perlu untuk memberikan aksesibilitas bagi distribusi orang, kendaraan dan barang di Selayar dan Sulsel.

“Kapal roro yang dibangun juga diharapkan menjadi sarana transportasi yang aman, nyaman,” kata Nurdin dalam keterangannya di Makassar, Jumat.

Kabupaten Selayar adalah daerah yang memiliki kekhususan, yakni satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi dan terdiri dari gugusan beberapa pulau.

Gugusan pulau secara keseluruhan berjumlah 130. Dan salah satu yang masih menjadi kendala adalah transportasi laut yang belum terkoneksi dengan baik, sehingga Gubernur meminta penyelesaian pembuatan kapal yang sempat tertunda.

Direktur PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa mengakui rencana pembangunan kapal roro untuk Kabupaten Selayar, memang sempat tertunda dan tergeser. “Tetapi sudah kita rencanakan lagi,” ujarnya.

Diana menjelaskan fokus yang diinginkan untuk kemajuan Kabupaten Selayar, termasuk penambahan jalur layanan seperti ke Pelabuhan Bira-Pelabuhan Pamatata dan Pelabuhan Jampea.

Pembangunan kapal roro tahun ini dimulai oleh PT IKI dengan target penyelesaian 20-30 persen. Kemudian dilanjutkan di tahun 2021. Sebagai industri perkapalan di Sulsel, IKI sangat mendukung program-program Gubernur untuk memajukan Sulsel.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Selayar H Odding Karim menyatakan kapal roro yang dibangun rencananya untuk home base di Pelabuhan Pattumbukan.

“Home base di Pelabuhan Pattumbukan, melayari di seluruh pelabuhan yang ada di lima kecamatan kepulauan. Ini untuk memperlancar transportasi antarpulau di Selayar,” ujarnya.

Kapal roro ini dibangun dengan nyaman dan fasilitas yang lengkap. “Ini dibangunnya nyaman. Kalau kita naik, merasa tidak ada ombak. Secara interior Pak Gubernur minta ada lounge dan cafe,” urainya.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Munas X MUI Momentum Pergantian Kepemimpinan di Level Pusat

Berdaulat.id - Musyawarah Nasional ke-10 menjadi momentum pergantian kepengurusan dan kepemimpinan di Majelis Ulama Indonesia Pusat. Munas memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan jabatan dan...

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Berdaulat.id - Koordinatoriat Wartawan Parlemen bekerjasama dengan Humas dan Pemberitaan MPR RI menggelar Diskusi 4 Pilar, dengan tema "Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19...

Pembangunan Gedung DPRD dan Pengadaan Kambing di Purbalingga Jadi Sorotan

Berdaulat.id - Koordinator Kaki Publik, Wahyudin Jali mengatakan, saat ini di Pemerintah Kabupaten Purbalingga sedang viral. Pertama, adanya kejanggalan proyek  pembangunan Gedung...

Berikut Salah Satu Obat Agar Tetap Waras Selama Pandemi Covid-19

Berdaulat.id - Tak hanya kesehatan fisik, Anda juga perlu menjaga mental tetap sehat selama pandemi COVID-19 dan salah satunya bisa dengan berjalan-jalan...

Kemenperin Konsisten Kembangkan Desainer Muslim

Berdaulat.id - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka terus berupaya mengembangkan potensi desainer fesyen muda Indonesia yang sangat...