29.1 C
Luwuk
Selasa, April 20, 2021

Gus Jazil Diminta Membantu Mengurai Persoalan Aspal Buton

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Artikel Ramadhan 5 : Hari-hari yang Diharamkan Puasa

Berdaulat.id, HARI-HARI YANG DIHARAMKAN BERPUASA DAN RUKUN PUASA Hari-Hari yang Diharamkan...

Merah Putih Warnai HUT RI Ke 75

Berdaulat.id - Hari ini tepat tanggal 17 Agustus 2020 adalah hari yang cukup bersejarah yaitu hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75. Pernak-pernik...

Menperin Minta Pelaku Industri Terapkan Protokol Kesehatan

Berdaulat.id - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri untuk terus menerapkan protokol...

Mahfud MD Desak Aparat Tuntaskan Penusukan Syekh Ali Jaber

Berdaulat.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjenguk Syekh Ali Jaber di kediamannya yang berlokasi di...

Berdaulat.id – Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Jazilul Fawaid SQ., MA., menyampaikan keprihatinan terkait terpuruknya aspal Buton. Hingga kini, keberadaan aspal di Pulau Buton Provinsi Sulawesi Tenggara, itu belum mampu mengangkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Buton. Padahal potensi kandungan aspal yang terdapat di pulau Buton sangat besar, mencapai 600 juta ton.

Yang lebih mengkhawatirkan, meski pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan secara besar-besaran, ternyata program tersebut tidak banyak menyerap bahan-bahan lokal khususnya aspal dari Buton. Semestinya, semakin banyak pembangunan dilakukan, semakin besar bahan-bahan lokal yang bisa dimanfaatkan.

“Alasannya karena aspal Buton tidak memenuhi syarat yang dibutuhkan. Ini jelas mengada-ada dan tidak berpihak pada hasil dalam negeri. Karena saat ini sudah ada teknologi yang bisa membuat aspal Buton, memenuhi persyaratan yang diinginkan,” kata Jazilul Fawaid menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Gus Jazil saat bersilaturrahim dengan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Buton. Acara tersebut berlangsung di rumah Jabatan Bupati Buton, Minggu (13/9). Bupati Buton Drs. La Bakry, MSI. dan Wakil Bupati Buton Iis Elianti tampak ikut hadir dalam acara tersebut.

Sulitnya aspal asal Buton menembus pasar, kata Jazil patut diduga merupakan permainan mafia. Mereka sengaja memilih menggunakan aspal impor dibanding dari Buton, karena tergiur keuntungan yang lebih besar.

Cara-cara seperti itu menurut Jazil lumrah dilakukan para mafia. Mereka sengaja mencari-cari alasan, untuk mengganjal para pesaing, sekaligus membuka celah impor untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

“Kalau aspal Buton digunakan untuk membangun jalan, niscaya masyarakat ikut menikmati dampak peningkatan ekonomi. Apalagi, cadangan aspal Buton masih sangat besar, cukup untuk memenuhi kebutuhan aspal nasional sebesar 1,5 juta ton pertahun,” kata Gus Jazil lagi.

Sebelumnya, Bupati Buton La Bakry meminta bantuan kepada Wakil Ketua MPR, terkait sulitnya aspal Buton menembus pasar. Kondisi tersebut telah menghambat pemerintah Buton melaksanakan pembangunan. Padahal, bila kandungan bumi di pulau Buton, itu bisa dioptimalkan, akan sangat membantu mensejahterakan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Gus Jazil didampingi Bupati Buton dan jajarannya menyempatkan diri melihat dari dekat kondisi lahan aspal di Kabungka. saat ini, kondisinya nyaris mangkrak karena tidak beroperasi maksimal. Tumpukan aspal yang siap diolah, terlihat memenuhi lokasi di tempat tersebut. Sebagian sudah dimasukkan karung, sebagian yang lain teronggok begitu saja.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Relawan Jokowi Berharap Presiden Jokowi Tak Pilih Menteri Dari kader Parpol

Berdaulat.id, Seluruh organ simpul relawan Jokowi menaruh harapan tinggi terhadap reshuffle kabinet yang kabarnya akan dilakukan Presiden...

Klarifikasi Donasi Untuk Masjid di Toronto Canada – Ustadz Adi Hidayat⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣Berdaulat.id, Menanggapi berita yang tengah beredar pada saat ini yang menyebutkan bahwa pembangunan...

Kemana Arah Politik Jokowi Di Pilpres 2024?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, Tiga periode jabatan presiden, hampir tidak mungkin...

Artikel Ramadhan 7 : Shalat Tarawih

Berdaulat.id, Waktu Shalat Tarawih       Waktu shalat Tarawih/Lail adalah sesudah shalat Isya’ hingga terbit...

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, 2024 terasa sangat dekat. Meski masih dua...