Minggu, Juli 21, 2024
BerandaJelang Pergantian Kepengurusan, Wahdah Islamiyah Sumbar Persiapkan Agenda Musyawarah Wilayah

Jelang Pergantian Kepengurusan, Wahdah Islamiyah Sumbar Persiapkan Agenda Musyawarah Wilayah

Berdaulat.id, Padang – Menjelang berakhirnya 5 tahun kepengurusan, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Wahdah Islamiyah Sumatera Barat mulai mempersiapkan agenda musyawarah dalam rangka pembahasan transisi kepengurusan termasuk penunjukan ketua DPW baru. Rencananya, musyawarah ini akan dilaksanakan di Asrama Haji Tabing, Jl. Bakti No.509, Parupuk Tabing, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat pada hari Sabtu (4/11/2023).

Agenda Musyawarah Wilayah (MUSWIL) ini pertama kali dilakukan semenjak diterbitkannya SK pembentukan DPW oleh Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah pada 25 November 2018 lalu, yang kemudian mengangkat tema “Meningkatkan Soliditas dan Semangat Kolaborasi Dalam Mengatasi Persoalan Umat dan Bangsa”.

Ketua Panitia Muswil, Ustadz Rinal Kurniawan, S.Si mengungkapkan, agenda Muswil 1 DPW WI Sumbar ini merupakan warisan dari metode peralihan kepemimpinan di Wahdah Islamiyah yang dilestarikan di tubuh kepengurusan DPW.

“Warisan metode peralihan kepemimpinan  ini berusaha di lestarikan Wahdah Islamiyah di Dewan Pengurus Pusat dengan MUSNAS nya, kemudian Dewan Pengurus Wilayah dengan MUSWIL-nya dan Dewan Pengrus Daerah dengan MUSDA-nya. Setelah 5 tahun masa kepemimpinan Ustadz Fikrul Hidayat S.H.I dari 2018 – 2023 Milladiyah maka pada tanggal 4 November 2023 tibalah masanya  DPW Wahdah Islamiyah Sumatera Barat untuk melaksanakan MUSWIL. ” Ungkap Ustadz Rinal

Dalam persiapan agenda Muswil 1 ini, Ketua DPW WI Sumbar Ustadz Fikrul Hidayat, S.H menunjuk beberapa ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan) yang bekerja dalam penyelenggaraan agenda 5 tahunan tersebut.

“Alhamdulillah untuk persiapan MUSWIL I ini, kita sudah tunjuk beberapa Ikhwah dan Akhwat yang tergabung dalam kepanitiaan MUSWIL I ini, yang akan berjibaku menyukseskan acara tersebut insyaallah.” Ujar Ustadz Fikrul.

Ada sekitar 30 orang panitia yang terlibat dalam beberapa divisi seperti bidang acara, konsumsi, perlengkapan, humas, transportasi, fundraising, hingga media. Semua divisi saling bekerjasama berdasarkan pengalaman dan konsep yang sudah dipahami dari pelaksanaan agenda-agenda DPP Wahdah Islamiyah di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam pengurusan inti di DPW, Ustadz Fikrul mengungkapkan bahwa pengurus juga sudah menyiapkan segala kebutuhan berkas Muswil dengan matang.

“Adapun mengenai persiapan di DPW sendiri, Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan dokumen-dokumen yang akan digunakan nanti di MUSWIL, diantaranya yakni susunan acara Muswil , Tata tertib Muswil I, Renstra (Renstra), hingga LPJ Ketua DPW.” Jelas Ustadz Fikrul

Tak lupa mengundang tokoh-tokoh masyarakat maupun ormas-ormas Islam lainnya di Sumatera Barat, dalam Muswil 1 ini, DPW WI Sumbar pun juga melakukan audiensi dan mendatangi beberapa tokoh dan ormas Islam seperti ketua MUI Sumatera Barat, Buya Dr. H. Gusrizal Gazahar, Lc., M.Ag Datuak Palimo Basa, Tokoh Pengurus Muhammadiyah Sumatera Barat, H. Syahrial P. yang juga merupakan pengurus Masjid Al Jadiid Muhammadiyah Kota Padang, dan Sekretaris DPW Hidayatullah Sumatera Barat, Ustadz Nurdin Ismail, S.Sos.I., S.Pd., M.Pd. Semua tokoh yang tersebut diatas, dikunjungi oleh Ustadz Fikrul Hidayat selaku Ketua DPW Wahdah Islamiyah Sumatera Barat.

“Mengenai Undangan-Undangan, Alhamdulillah kita sudah undang beberapa Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS), diantaranya Muhammadiyah dan Hidayatullah”, terang ustadz Fikrul.

Dari tokoh-tokoh yang didatangi oleh DPW WI Sumbar, semua tokoh mengungkapkan kesiapannya untuk hadir dan memberikan sambutan di pembukaan Musyawarah, kecuali ketua MUI Sumatera Barat Buya H. Gusrizal Gazahar yang mengungkapkan adanya agenda yang tidak bisa beliau tinggalkan untuk menghadiri Muswil DPW WI Sumatera Barat.

Ketua Panitia Muswil, Ustadz Rinal mengungkapkan harapannya agar pemimpin Wahdah Islamiyah di Sumatera Barat yang terpilih di Muswil mampu melanjutkan perjuangan dakwah Wahdah Islamiyah khususnya di ranah minangkabau Sumatera Barat.

“Semoga nantinya pemimpin yang terpilih merupakan sosok yang bisa melanjutkan estafet dakwah yang telah dirintis oleh pengurus sebelumnya.” Tutur Ustadz Rinal.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments