Selasa, Mei 21, 2024
BerandaBerita UtamaJemaah Haji Mulai Diberangkatkan, Fahira Idris: Semoga Sehat, Selamat dan Mabrur

Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan, Fahira Idris: Semoga Sehat, Selamat dan Mabrur

Ibadah haji ini juga semakin menguatkan kesadaran bahwa kita ini adalah bagian dari sebuah umat besar

Berdaulat.id – Jemaah haji Indonesia pada penyelenggaran ibadah haji 1445 H/2024 Masehi mulai diberangkatkan pada Minggu (12/5/2024). Tentunya doa dan harapan terus dipanjatkan terutama oleh keluarga agar semua jemaah haji diberi kemudahan dan kelancaran menjalankan semua prosesi ibadah haji dan pulang ke tanah air dengan sehat, selamat dan menjadi haji mabrur.

Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris mengucapkan selamat kepada semua jamaah yang telah dipilih, diizinkan dan diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk menjadi tamu-Nya. Bagi umat Islam, diberi kemampuan melaksanakan ibadah haji adalah salah satu anugerah terbesar dalam hidup. Ini karena walau secara fikih, syarat haji adalah mampu, tetapi secara hakekat, sejatinya yang mengundang dan memberi kemampuan itu adalah Allah SWT kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Oleh karena itu, sebagai rasa syukur atas anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT ini, manfaatkanlah ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

“Selamat kepada semua jemaah haji yang saat ini sudah mulai diberangkatkan. Semoga senantiasa diberi kesehatan, keselamatan dan menjadi haji mabrur. Doa dari kami dari tanah air akan selalu menyertainya. Doakan juga dari Tanah Suci, agar kami yang di tanah air ini selalu diberi kebaikan, Indonesia diberi keberkahan dan para pemimpinnya diberi kekuatan untuk berlaku adil dan menyejahterakan rakyatnya,” ujar Fahira Idris di Jakarta (12/5).

Senator Jakarta ini mengungkapkan, ibadah haji bukan sekadar perjalanan fisik ke Makkah, tetapi juga perjalanan spiritual untuk menyucikan hati dan menempa jiwa agar lebih dekat kepada Sang Pencipta. Oleh karena itu, setiap tantangan yang dihadapi dalam menjalankan ibadah haji ini sejatinya adalah panggilan untuk menguatkan iman dan ketabahan. Setiap ujian yang ditemui adalah peluang untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Berkehendak dan pengorbanan kita meninggalkan kenyamanan sehari-hari serta harus berkerumun diantara jutaan umat muslim dari seluruh dunia adalah bentuk berserah diri kepada Allah SWT.

Makna sejati penting lainnya dari seluruh rangkaian ibadah haji, lanjut Fahira adalah betapa Allah SWT ingin umatnya bersatu menjadi kekuatan untuk menebar lebih banyak kebaikan di muka bumi. Saat menjalankan ibadah haji bersama saudara-saudara sesama muslim yang berbeda bahasa, budaya, dan etnis, tetapi sesungguhnya umat Islam menyatu dalam persatuan.

“Ibadah haji ini juga semakin menguatkan kesadaran bahwa kita ini adalah bagian dari sebuah umat besar. Walau berbeda latar belakang, semua sama dalam iman dan keyakinan kepada Allah SWT. Di Tanah Suci, kita dapat merasakan kehangatan persaudaraan sejati dengan jemaah lainnya karena mengerjakan ibadah yang sama. Semoga Allah SWT memberikan berkah terbaik untuk seluruh jemaah haji,” pungkas Fahira Idris.

Sebagai informasi, jemaah haji Indonesia mulai terbang ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Proses pemberangkatannya akan berlangsung hingga 10 Juni 2024. Terdapat 554 kloter yang terdistribusi dalam 14 embarkasi, yaitu Embarkasi Aceh (BTJ), Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar (UPG)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments