29.1 C
Luwuk
Selasa, Mei 11, 2021

Jokowi Dukung Anies, Keterbelahan Berakhir

Data Real Time COVID-19

Baca juga

100 Hari Kerja Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

Berdaulat.id, JAKARTA - Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri selama 100 hari kerja pada 8...

DKPP Nilai Perlu Pemahaman Etika dalam Pilkada

Berdaulat.id - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Prof Dr Muhammad mengatakan mengelola pilkada tidak hanya cukup pada pemahaman terkait regulasi...

IPW Sebut 8 Nama Ini Calon Kuat Kapolri Pengganti Idham Azis

Berdaulat.id - Meskipun masa jabatan Kapolri Idham Azis masih enam bulan lagi, bursa calon Kapolri di internal kepolisian mulai marak dipergunjingkan. Sedikitnya...

Menpan RB Imbau Bulan Suci Ramadhan Diharapkan Jadi Momen Penting

Berdaulat.id - Momentum bulan suci Ramadhan diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pengendalian, bederma, dan menjaga kemandirian.Demikian diungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan...

Tony Rosyid
Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

Berdaulat.id, Sesungguhnya, tidak ada masalah antara Jokowi dengan Anies. Keduanya adalah pemimpin yang tidak saja memiliki hubungan baik, tapi bisa bersinergi dalam konteks kenegaraan. Jokowi Presiden RI, dan Anies Gubernur DKI, dimana istana dan ibu kota itu berada.

Soal Ahok, sudah berakhir di pilgub DKI 2017. Sejarah lama berangsur tertimbun tanah, Indonesia punya masa depan. Jokowi dan Anies adalah pemimpin hari ini, keduanya punya tanggung jawab menyiapkan masa depan terbaik bagi Indonesia.

Jika ada yang melihatnya terbalik, seolah ada masalah antara presiden dengan Gubernur, itu lantaran ulah sejumlah “oknum” di lingkaran kekuasaan yang oleh banyak pihak dianggap “cari muka” ke istana. Ulah “oknum” pejabat ini yang ikut merawat kegaduhan dan keterbelahan anak bangsa.

Rakyat terbelah, itu memang fakta. Pendukung Jokowi dan eks pendukung Prabowo berada di dua sisi dalam situasi ketegangan. Prabowo merapat ke Jokowi, tak juga reda ketegangan itu. Rakyat tetap terbelah. Mereka yang kecewa terhadap Jokowi, dan juga Prabowo, memilih jadi oposisi.

Ketegangan semakin tinggi eskalasinya ketika sejumlah tokoh eks pendukung Prabowo harus berurusan dengan hukum. Dinamikanya makin tidak kondusif secara politik, dan ini berefek secara ekonomi. Situasi ini membuat banyak pihak merasa khawatir akan masa depan bangsa.

Rakyat ingin kegaduhan ini segera diakhiri. Melihat banyak fakta dan dinamikanya, keterbelahan diprediksi akan berakhir pasca 2024. Dengan catatan, sosok pemimpin masa depan Indonesia didukung oleh dua pihak, yaitu pendukung Jokowi dan eks pendukung Prabowo.

Saat ini, sosok Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta santer namanya disebut sebagai capres potensial di 2024. Anies tokoh terpopuler dan oleh sejumlah survei kredibel, Anies tertinggi elektabilitasnya.

Kepada Anies, eks para pendukung yang kecewa terhadap Prabowo, mereka memiliki harapan. Jika Jokowi juga memberikan dukungan kepada Anies, maka kedua pihak yang selama ini berseberangan dan bersitegang akan bertemu. Sampai di titik ini, kegaduhan akan dapat segera berakhir.

Melalui Anies, kepentingan kedua pihak, baik kubu Jokowi maupun eks pendukung Prabowo akan terakomodir. Hal ini mengingat Anies tipe pemimpin yang merangkul, komunikatif, dan bisa berdialog dengan semua pihak, selama tidak mengorbankan kepentingan bangsa.

Jakarta, 27 April 2021

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Idul fitri 1442 H, pelayanan penerbitan SIM libur

Berdaulat.id, Palu, Selama hari raya Idul fitri 1442 H, pelayanan penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di jajaran...

Bukber Yatim-Dhuafa, Jufi dan Teladanku Hadirkan “Badut Syariah”

Berdaulat.id, BEKASI—Anak-anak yatim-dhuafa di ruangan itu terlihat antusias menyimak materi agama yang disampaikan seorang ustaz yang berpenampilan...

Persembahan WIZ untuk Naba Faiz (buka takjil salah sasaran)

Berdaulat.id, Bantul— Terungkapnya perempuan misterius pengirim sate beracun di Kabupaten Bantul yang menewaskan Naba Faiz Prasetya (10)...

Bersama Panglima TNI, Kapolri Tinjau Pos Penyekatan Merak-Bakauheni

Berdaulat.id, JAKARTA— Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua DPR RI...

100 Hari Kerja Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

Berdaulat.id, JAKARTA - Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri selama 100 hari kerja pada 8...