29.1 C
Luwuk
Kamis, April 22, 2021

Kalemdiklat Polri secara Resmi Membuka Sekolah Inspektur Polisi Angkatan ke 50 Ta. 2021

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Kembali Bisa Shalat Jumat, Warga Muslim Bergembira

Berdaulat.id - Ketua Harian Penguris Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengatakan, dirinya melihat kegembiraan yang luar biasa dari para warga Muslim...

MK: Anggota Legislatif Ikut Pilkada Harus Mundur

Berdaulat.id - Mahkamah Konstitusi memutuskan anggota DPR, DPD maupun DPRD yang mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah harus mengundurkan diri sesuai norma...

Usai Jual Mauro Icardi, Inter Milan Bidik Sandro Tonali

Berdaulat.id - Usai menjual Mauro Icardi ke Paris Saint-Germain, klub raksasa Internasional Milan kini mulai melakukan aksinya dengan mengincar gelandang Brescia, Sandro...

Wow….Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Sudah Segini

Berdaulat.id - Jumlah total kasus positif pandemi COVID-19 di Jakarta hingga saat ini sebesar 141.270 kasus, setelah terjadi pertambahan sebanyak 1.032 kasus, Jumat.

Berdaulat.id, Sukabumi 18/03/2021, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycho Amelza Dahniel, M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara secara resmi membuka pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan ke 50 / TA. 2021 dalam upacara pembukaan pendidikan yang diselenggarakan secara serentak terpusat di Setukpa Polri Sukabumi dan diikuti secara virtual di 5 (lima) Satuan Pendidikan jajaran Lemdiklat Polri yang juga membantu penyelenggaraan pendidikan SIP Angkatan 50/ TA 2021.

Sebanyak 2.015 peserta didik dari berbagai Polda dan Satuan Kerja Polri yang terdiri dari 1.818 Polki dan 197 Polwan.
Pelaksanaan pendidikan tersebar di enam lembaga pendidikan, sebanyak 1015 siswa dididik di Setukpa, 328 siswa di Diklat Reserse, 207 siswa di Pusdik Binmas Jawa Tengah, 214 siswa di Pusdik Brimob Jawa Timur, 57 siswa di Pusdik Administrasi dan 192 di Pusdik Intelkam Soreang Bandung.

Mengawali amanatnya, Kalemdiklat Polri menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta didik atas keberhasilannya menjadi peserta didik SIP Angkatan ke 50 / TA. 2021, yang telah lulus melalui seluruh rangkaian seleksi yang ketat, terpilih karena dedikasi dan prestasi selama bertugas, oleh karenanya tunjukkan rasa syukur dengan semangat dan ketekunan para siswa mengikuti pendidikan dengan keinginan kuat untuk membekali diri, meningkatkan kwalitas kemampuan melalui lembaga pendidikan.

Upacara pembukaan pendidikan ini merupakan momentum untuk mempersiapkan diri memasuki satu fase dalam kehidupan karir di Kepolisian untuk memasuki tahapan menjadi seorang perwira.
Dalam tahapan pendidikan SIP selama 6 (enam) bulan, para peserta didik akan dibekali dengan beberapa kompetensi, yaitu kemampuan intelektual, keterampilan, pembangunan karakter juga disertai dengan kesamaptaan dan kesehatan yang prima guna siap pakai menjadi para Perwira pelaksana digaris terdepan (First Line Supervisor).

Para Calon Perwira Polisi tidak cukup hanya dengan diber ilmu pengetahuan untuk kecerdasan, tapi lebih dari itu harus dilandasi dan diutamakan dengan memberikan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan membentuk akhlak mulia, selain itu menjadi polisi tidak hanya cukup dengan cerdas saja tapi juga harus punya hati dan kesamaptaaan jasmani yang prima, H2O, hati, otak dan otot, ungkap Komjen Rycho

Pendidikan SIP Angkatan 50 dilaksanakan ditengah pandemi, oleh karena itu penekanan Kalemdiklat Polri kepada seluruh stake holder di Setukpa untuk tetap harus disiplin dan patuhi protokol kesehatan, mencegah lebih baik daripada mengobati.
Jangan sampai pendidikan ini melahirkan kluster baru covid 19 dan menimbulkan masalah , pungkas Komjen Pol Rycho.

Didalam amanatnya selain menyampaikan bijak Kapolri dalam program Presisi, Kalemdiklat Polri menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta didik SIP Angkatan ke 50/ TA. 2021, diantaranya :
Pertama segera beradaptasi dengan lingkungan dan taati seluruh peraturan yang ditetapkan lembaga pendidikan,

Kedua sadari dan yakini dengan sebaik -baiknya, maksud dan tujuan dari pelaksanaan dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Ketiga manfaatkan proses pendidikan ini dengan sebaik baiknya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan penuh rasa tanggung jawab

Ke empat, bangun kebersamaan dan solididaritas, serta ciptakan komunikasi efektif dengan para instruktur, pelatih dan pengasuh serta dengan sesama peserta didik.

Mengakhiri amanatnya Inspektur Upacara menyampaikan harapan kepada para pengasuh dan tenaga pendidik agar dapat memberikan pendampingan yang mendewasakan serta dapat mentransformasi ilmu maupun pengalaman yang sehat dan mampu memperkaya wawasan para peserta didik.

Didalam upacara pembukaan pendidikan SIP Angkatan ke 50 / TA. 2021, Kalemdiklat Polri sekaligus meresmikan nama rResimen Wira Satya Adhi Pradana yang bermakna Perwira yang setia kepada masyarakat, bangsa dan negara sebagai pemimpin digaris depan yang berkarakter, bertanggung jawab, melindungi, merawat dan simpatik. (*)

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Kamus Sejarah Indonesia Jilid I & II Beredar di Olshop

Fikri Faqih: “Bila tidak dilarang, berarti benar adanya” Berdaulat.id, Wakil Ketua Komisi X DPR...

Muslimah Wahdah Siap Tebar Ifthar di Seluruh Penjuru Nusantara

Berdaulat.id, Bulan Ramadhan merupakan momentum terbaik untuk merefleksikan diri untuk hijrah ke arah yang lebih baik. Tidak...

Artikel Ramadhan 9 : Definisi, Dalil, dan Hukum I’tikaf

I’tikaf (Bagian 1) Berdaulat.id, Definisi, Dalil, dan Hukum I’tikaf Definisi

Rakor Lintas Sektoral Jelang Idul Fitri, Kapolri: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

Berdaulat.id, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan soal asas Salus Populi Suprema Lex Esto atau...

Pre Order Mud

Berdaulat.id, MUD adalah alat ukur yang dikenal dalam syariat Islam untuk beberapa pengukuran. Anas...