29.1 C
Luwuk
Selasa, April 20, 2021

Kandidat Caketum KSPSI, Dedi Sudarajat : Saatnya KSPSI Bangkit dan Berubah

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Tega, Seorang Bapak Cabuli Anak Tirinya

Berdaulat.id - Entah apa yang ada dalam pikiran AS (55) warga Kecamatan Toili, dia tega mencabuli anak tirinya. Polisi langsung menangkap pelaku...

PKS Minta Dana Talangan dan PMN BUMN Dialihkan Untuk UMKM

Berdaulat.id - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Amin Ak mendesak pemerintah mengalihkan dana talangan dan penyertaan modal negara (PMN)...

Berkat Bimbingan Kapolsek Batui, Eks Produsen Miras Kini Beralih ke Gula Aren

Berdaulat.id - Ada hikmah dibalik putusan pengadilan kasus produksi miras yang melibatkan Neko (50). Warga Desa Paisubololi, Kecamatan Batui Selatan ini akhirnya...

Perlunya Aturan Main Restrukturisasi UMKM

Berdaulat.id,- Direktur Eksekutif Lingkar Studi Efokus Rizal E Halim menyatakan perlu kepastian aturan main, terkait dengan relaksasi dan restrukturisasi kredit bagi Usaha...

Berdaulat,id, Jakarta — Para figur kandidat Calon Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) periode 2021-2026 mulai gencar melakukan sosialisasi, seiring makin dekatnya pelaksanaan Kongres KSPSI yang akan digelar pada akhir Maret 2021.

Salah satunya adalah Dedi Sudarajat yang mengusung agenda perubahan dan transformasi pengelolaan organisasi yang profesional.

“Saatnya KSPSI Berubah, jika organisasi serikat pekerja yang didirikan 1973 ingin bangkit, maju dan jaya. KSPSI tidak lagi bisa dikelola amatiran di tengah revolusi industri 4.0,” tegas Dedi Sudarajat kepada media di Jakarta, Sabtu (13/2/2021).

Sebelumnya, Rapat Pimpinan Federasi Serikat Pekerja Anggota (SPA) yang dipimpin Ketua Harian KSPSI, Syukur Sarto, memunculkan empat nama calon kandidat Ketua Umum KSPSI Periode 2021-2026. Yaitu Dedi Sudarajat, HM. Jusuf Rizal, Arif Minardi, dan Surya Batubara.

Dedi Sudarajat merupakan Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (SP KEP) sekaligus Ketua DPD KSPSI Propinsi Banten.

Sedangkan HM. Jusuf Rizal adalah Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI) dan juga Wakil Ketua Umum Bidang OKK DPP KSPSI.

Kemudian Arief Minardi merupakan Ketua Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Metal; serta Surya Batubara Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (FSPTI). Arief Minardi dan Surya Batubara saat ini menjabat Anggota Majelis Permusyawatan Organisasi (MPO) DPP KSPSI

Sementara ini, Ketua Umum KSPSI Periode 2014-2019, Yorrys Raweyai dalam beberapa kesempatan, secara terbuka menyatakan akan memberi peluang kepada figur-figur muda untuk memimpin KSPSI Periode 2021-2026.

Namun Yorrys yang saat ini menjadi Anggota DPD RI belum memberikan statemen terbuka apakah akan maju lagi berhadapan dengan empat figur kader-kader muda di Kongres.

Dedi Sudarajat sebagai salah satu kandidat ketum KSPSI mengaku sudah siap. Namun ia menilai siapapun yang terpilih dari empat kandidat yang akan memimpin KSPSI Periode 2021-2026 harus mampu membawa perubahan bagi kemajuan organisasi Serikat pekerja tertua di Indonesia itu.

Pimpinan KSPSI juga harus mampu memberikan perlindungan, pembinaan, dan kesejahteraan anggota (Bina, Lindung, Sejahtera).

Menurut pengamatan Dedi, selama ini organisasi KSPSI belum dikelola secara profesional, modern, maupun mandiri. Banyak masalah yang terjadi di daerah maupun SPA yang tidak diselesaikan secara tuntas. Bahkan terkesan dipelihara. Kondisi ini turut memperburuk rasa memiliki bagi sebagian SPA.

Karena itu, Dedi yang juga berprofesi sebagai pengacara berharap pasca-kongres bulan Maret mendatang KSPSI harus mampu membentuk kepengurusan yang solid dan mandiri. Menata manajemen organisasi yang profesional dengan memanfaatkan teknologi masa depan di tengah Revolusi Industri 4.0

“Perubahan adalah kata kunci jika ingin KSPSI Bangkit, Maju dan Jaya. Perubahan itu kini dinanti banyak anggota agar marwah KSPSI yang kian redup bisa kembali bersinar,” tegas Dedi Sudarajat, aktivis pekerja dan buruh yang tetap konsisten menolak UU Omnibus Law yang dianggap tidak berpihak pada para pekerja dan buruh.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Relawan Jokowi Berharap Presiden Jokowi Tak Pilih Menteri Dari kader Parpol

Berdaulat.id, Seluruh organ simpul relawan Jokowi menaruh harapan tinggi terhadap reshuffle kabinet yang kabarnya akan dilakukan Presiden...

Klarifikasi Donasi Untuk Masjid di Toronto Canada – Ustadz Adi Hidayat⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣Berdaulat.id, Menanggapi berita yang tengah beredar pada saat ini yang menyebutkan bahwa pembangunan...

Kemana Arah Politik Jokowi Di Pilpres 2024?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, Tiga periode jabatan presiden, hampir tidak mungkin...

Artikel Ramadhan 7 : Shalat Tarawih

Berdaulat.id, Waktu Shalat Tarawih       Waktu shalat Tarawih/Lail adalah sesudah shalat Isya’ hingga terbit...

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, 2024 terasa sangat dekat. Meski masih dua...