29.1 C
Luwuk
Selasa, Maret 5, 2024

Karena Ini,Warga Sulteng Diminta Waspada

Baca juga

Berdaulat.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengimbau warga untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem seperti bencana banjir dan tanah longsor.

Demikian disampaikan Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Tengah Bartholomeus Tandigala seperti dilansir kantor berita antara, Rabu (29/4/20).

“Masyarakat harus harus selalu waspada, sebab saat kondisi cuaca sangat ekstrem, bisa muncul bencana banjir dan longsor yang dapat mengancam keselamatan jiwa,” ujarnya

Saat ini, Ia menjelaskan bahwa wilayah Sulawesi Tengah umumnya rawan menghadapi bencana alam, antara lain karena memiliki banyak sungai dan struktur tanah yang labil.

Dengan kondisi yang demikian, banjir dan tanah longsor berpotensi terjadi saat hujan deras turun sebagaimana yang terjadi di dua desa di Kabupaten Sigi pada 27 April 2020.

Rumah-rumah warga di Desa Omu dan Tuva yang terletak di poros jalan Palu-Kulawi di Kabupaten Sigi pada 27 April kebanjiran sehingga 64 warga harus mengungsi.

Gumbasa dan Dolo Selatan di Kabupaten Sigi juga menghadapi banjir yang menyebabkan jalan dan jembatan rusak pada April dan Mei 2019.[]

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru