Minggu, April 14, 2024
BerandaUncategorizedKata Jokowi Mudik Beda dengan Pulang Kampung, Presiden PKS: Bikin Ruwet

Kata Jokowi Mudik Beda dengan Pulang Kampung, Presiden PKS: Bikin Ruwet

Berdaulat.id – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengomentari pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membedakan istilah mudik dengan pulang kampung.

Melalui akun Twitternya, Sohibul mengunggah arti kata mudik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

“Menurut KBBI, ‘mudik’ adalah pulang ke kampung halaman dan ‘pemudik’ adalah orang yang pulang ke kampung halaman,” cuit @msi_sohibuliman, Kamis (23/4/2020).

Menurutnya, arti mudik berdasarkan KBBI itu sesuai dengan pemahaman selama ini. Karenanya, lanjut Sohibul, jika Presiden Jokowi mengartikannya berbeda maka hal tersebut hanya buat ruwet.

“Makna ini sesuai dengan pemahaman umum selama ini. Jika tiba-tiba pak @jokowi di acara @NajwaShihab menyebut mudik itu beda dengan pulang kampung, terus terang itu bikin ruwet,” kata Sohibul.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan jika mudik hanya dilakukan saat momen Lebaran, sedangkan pulang kampung dilakukan di luar momen Lebaran karena tidak ada pekerjaan di kota.

Presiden menyampaikan hal itu saat diwawancarai secara eksklusif oleh Najwa Shihab di Istana Merdeka pada Selasa (21/4). Wawancara tersebut ditayangkan dalam acara Mata Najwa, Trans7, Rabu (22/4) malam.

Awalannya, Najwa Shihab bertanya ke Jokowi soal data dari Kementerian Perhubungan yang menunjukkan hampir satu juta orang curi start mudik sebelum keluar pelarangannya.

“Data dari Kemenhub hampir satu juta orang curi start mudik. Sudah 900 ribu orang yang sudah mudik dan yang sudah tersebar ke berbagai daerah. Apakah ini berarti keputusan melarang yang baru akan dikeluarkan melihat situasi, tapi faktanya sudah terjadi penyebaran orang di daerah Bapak,” kata Najwa.

Menanggapi pertanyaan Najwa, Jokowi mengatakan bahwa orang-orang tersebut pulang kampung, bukan mudik.

“Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung,” ujar Jokowi.

Mendengar pernyataan Jokowi, Najwa menimpali “Apa bedanya pulang kampung dan mudik?”

“Kalau mudik itu di hari Lebarannya, beda. (Mudik) Untuk merayakan Idul Fitri.

Kalau yang pulang kampung ya bekerja di Jakarta tetapi anak istrinya ada di kampung,” jawab Jokowi. (Hdr)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments