Selasa, Mei 21, 2024
BerandaNasionalKembali Bisa Shalat Jumat, Warga Muslim Bergembira

Kembali Bisa Shalat Jumat, Warga Muslim Bergembira

Berdaulat.id – Ketua Harian Penguris Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengatakan, dirinya melihat kegembiraan yang luar biasa dari para warga Muslim yang merupakan ekspresi syukur kepada Allah SWT.

Pasalnya, setelah sekian lama mengganti Shalat Jumat dengan Shalat Dzuhur akibat pandemi Covid-19, hari ini Jumat, tanggal 5 Juni 2020, umat Islam di berbagai tempat dapat kembali menunaikan kembali ibadah Shalat Jumat.

“Yang tak kalah menggembirakan, dari pantauan dan laporan pengurus NU dari berbagai wilayah di Indonesia, semua masjid dan tempat-tempat yang menyelenggarakan Shalat Jumat mematuhi protokol kesehatan,” kata Robikin di Jakarta, Jumat (5/6/20).

Yang dimaksud mematuhi protokol kesehatan adalah, para jamaah shalat Jumat mengenakan masker, ada pengecekan suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun atau hand satinazer, menjaga jarak sewaktu khotbah berlangsung dan saat Shalat. Karpet yang lazimnya menghiasi lantai masjid juga tak terlihat.

“Khutbah Jumat pun dilangsungkan singkat, namun tak mengurangi syarat sah dan rukun khutbah, serta substansi pesan yang disampaikan khotib,” terang Robikin.

Menurut Robikin, semua itu mengonfirmasi kesungguhan umat Islam dalam menghadapi virus corona, baik secara lahir maupun batin.

“Semoga dalam the new normal, masyarakat aman dari Covid-19. Serta kegiatan sosial, ekonomi dan keagamaan berjalan baik dan produktif. Tak lupa, semoga covid-19 segera lenyap dari dunia,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments