29.1 C
Luwuk
Selasa, Desember 1, 2020

Kemenperin Dinilai Perlu Keluarkan Panduan Bagi IKM

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Sowan ke PBNU, Partai Demokrat Tegaskan Sikap Tolak RUU HIP

Berdaulat.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran DPP Partai Demokrat bersilaturahmi kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul...

PAUD Miliki Peran Strategis dalam Menyiapkan Generasi Emas

Berdaulat.id - Bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia pada 2030-2045 bisa menjadi harapan (mata air), bisa juga menjadi bencana (air mata).

Leonardy Harmainy Ketua PB LEMKARI Periode 2020-2024

Berdaulat. id - Anggota DPD RI Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum PB LEMKARI (Lembaga Karate-do Indonesia)...

PSBB Idealnya Juga Bisa Jadi Opsi Bagi Daerah Untuk Aksi Pencegahan

Berdaulat.id - Setelah DKI Jakarta dan menyusul wilayah Jabodetabek serta beberapa daerah lain mendapatkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), berbagai daerah...

Berdaulat.id – Kementerian Perindustrian dinilai perlu membuat panduan bagi industri kecil dan menengah (IKM) terkait dengan perumusan rancangan Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam membuat masker dari kain.

Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, merekomendasikan kepada Kemenperin agar dalam merumuskan SNI untuk masker dari kain, harus bisa memberikan panduan yang memudahkan produsen khususnya IKM agar mereka bisa memproduksinya dengan mudah.

Dengan demikian, lanjut Achmad Baidowi, kualitas masker kain yang diproduksi IKM dan dipasarkan UMIM bisa diterima di pasaran serta konsumen mendapatkan jaminan atas kualitas masker kain tersebut.

“Standardisasi ini penting untuk memastikan standar kesehatan masker yang diperjualbelikan di pasaran. Namun di sisi lain, harus bisa memudahkan produsen,” katanya.

Hal itu, ujar dia, penting antara lain karena pihak yang memproduksi masker kain ini ternyata banyak dilakukan oleh industri mikro dan kecil bahkan perorangan.

Kemenperin harus bisa memastikan standar yang telah ditetapkan Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai SNI 8914:2020 Tekstil – Masker dari kain itu bisa dipertanggungjawabkan dan tidak berubah-ubah.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian merumuskan SNI masker kain guna menjaga kualitas dan melindungi masyarakat secara optimal dari penularan wabah COVID-19, mengingat masker kain kini menjadi alternatif di tengah terbatasnya masker medis.

Kemenperin melalui Komite Teknis SNI 59-01, Tekstil dan Produk Tekstil mengalokasikan anggaran guna menetapkan SNI masker dari kain dengan melibatkan seluruh pihak-pihak yang berkepentingan, seperti akademisi, peneliti, laboratorium uji, Satgas COVID-19 industri produsen masker kain dalam negeri.

Pada 16 September 2020, SNI yang disusun Kemenperin tersebut telah mendapatkan penetapan Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Standar Nasional Indonesia (SNI) 8914:2020 Tekstil – Masker dari kain melalui Keputusan Kepala BSN Nomor No.408/KEP/BSN/9/2020.

Dalam SNI 8914:2020, masker dari kain diklasifikasikan dalam tiga tipe, yaitu Tipe A untuk penggunaan umum, Tipe B untuk penggunaan filtrasi bakteri, dan Tipe C untuk penggunaan filtrasi partikel.

SNI ini menjadi pedoman bagi industri dalam negeri yang menentukan capaian minimum kualitas hasil produksinya sekaligus menjadi standar minimum bagi produk impor.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Berdaulat.co.id - Koordinatoriat Wartawan Parlemen bekerja sama dengan Humas Pemberitaan MPR RI menggelar diskusi Empar Pilar Kebangsaan MPR RI dengan tema "Kebangkitan...

Diduga Rencanakan Pengeboman, Diplomat Iran Jalani Sidang di Belgia

Berdaulat.id - Seorang diplomat Iran, Assadolah Assadi, serta tiga orang warga negara Iran lainnya menjalani sidang di Antwerp, Belgia, pada Jumat atas...

Ke Cengkareng, Kapolda Metro Jaya Bernostalgia

Berdaulat.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang belasan tahun lalu pernah menjabat Kapolsek Kecamatan Cengkareng bernostalgia ke wilayah itu pada Jumat.​​​​​​​Fadil sempat mengunjungi...

Menkop Tekankan UMKM Go Digital

Berdaulat.id - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan dan menerapkan tiga hal dalam upaya mendorong UMKM go digital meliputi kapasitas usaha, kualitas produk,...

Soal Edhy Prabowo, Gerindra Hormati Proses Hukum

Berdaulat.id - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan Gerindra menghormati proses hukum yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)...