29.1 C
Luwuk
Senin, Mei 17, 2021

Kementerian PUPR Tingkatkan Pembelian Karet

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Komisi II DPR Setujui Anggaran KPU Tahun 2021

Berdaulat.id - Komisi II DPR RI menyetujui pagu anggaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sebesar Rp 2.048.554.993,- (dua trilyun empat...

Komitmen Kawal Sulbar Pasca Gempa, Sekjen Wahdah Islamiyah Berkunjung ke Mamuju

Berdaulat.id, Mamuju - Sebagai bentuk komitmen wahdah islamiyah terlibat dalam penanganan pasca gempa bumi yang melanda Mamuju...

Ketua Komite IV DPD Hj. Elviana : Banyak Nama Bantuan Sosial Sebabkan Sulitnya Pengawasan dan Tidak Tepat Sasaran

Berdaulat.id - Komite IV DPD RI melakukan Rapat Kerja Virtual dengan Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada Rabu (29/4). Rapat...

Amnesty Internasional Dorong Indonesia Pastikan Hak Kesehatan Pengungsi Rohingya

Berdaulat.id - Amnesty International mendorong pemerintah Indonesia dan negara anggota ASEAN lainnya untuk memastikan pemenuhan hak kesehatan bagi para pengungsi Rohingya pada...

Berdaulat.id – Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan pembelian karet alam dari petani pada tahun ini sebesar Rp20 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kelebihan campuran aspal dan karet alam yakni dapat meningkatkan kualitas perkerasan aspal dalam hal usia layanan dan ketahanan terhadap alur.

“Aspal karet memiliki tingkat perkerasan lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada saat aspal basah, dan daya tahan lebih tinggi dibanding aspal biasa,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Setelah mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk membeli 10.000 ton karet, Kementerian PUPR menambah anggaran pada 2020 untuk pembelian karet sebagai campuran aspal sebesar Rp20 miliar.

Tambahan anggaran tersebut digunakan untuk membeli karet langsung dari petani di Provinsi Bengkulu sebagai upaya mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi COVID-19, yang menyebabkan produksi karet sulit diserap oleh pasar karena aktivitas ekonomi yang terhenti.

Diharapkan pembelian karet dapat mendistribusikan anggaran pemerintah hingga ke tingkat perdesaan dan pelosok untuk mendorong perekonomian masyarakat, sekaligus menjaga kemantapan ruas-ruas jalan nasional guna mendukung pergerakan orang dan barang.

Dengan tambahan anggaran pada 2020 sebesar Rp20 miliar, total pembelian karet campuran aspal pada tahun ini menjadi Rp120 miliar untuk menyerap 11.338 ton karet.

Pembelian karet dikelompokkan menjadi lokasi penghasil karet, yakni Sumatera sebanyak 8.450,87 ton dengan anggaran Rp86,4 miliar dan Kalimantan sebanyak 2.886,85 ton senilai Rp33,6 miliar.

Mekanisme pembelian aspal karet dilakukan oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR di sejumlah daerah penghasil karet seperti Medan, Palembang, Jambi, Padang, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, dan Balikpapan melalui petani yang tergabung dalam kelompok petani UPPB (unit pengolahan dan pemasaran bokar atau bahan olah karet).

Hingga 13 September 2020, progres penyerapan anggaran pembelian karet mencapai 36,91 persen atau sebesar Rp44,29 miliar.

Pada 2021, pembelian karet bahan campuran aspal terus dilanjutkan Kementerian PUPR dengan anggaran bertambah menjadi Rp130 miliar.

Penggunaan aspal karet untuk preservasi jalan sudah dilakukan Kementerian PUPR di beberapa lokasi jalan nasional, salah satunya di ruas Ciawi-Sukabumi, Jalan Nasional Batas Karawang-Cikampek, Jalan Nasional Lintas Tengah Jawa ruas Ajibarang-Banyumas-Klampok-Banjarnegara, dan Jalan Nasional Ruas Muara Beliti-Batas Kabupaten Musi Rawas-Tebing Tinggi-Batas Kota Lahat.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Idul fitri 1442 H, pelayanan penerbitan SIM libur

Berdaulat.id, Palu, Selama hari raya Idul fitri 1442 H, pelayanan penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di jajaran...

Bukber Yatim-Dhuafa, Jufi dan Teladanku Hadirkan “Badut Syariah”

Berdaulat.id, BEKASI—Anak-anak yatim-dhuafa di ruangan itu terlihat antusias menyimak materi agama yang disampaikan seorang ustaz yang berpenampilan...

Persembahan WIZ untuk Naba Faiz (buka takjil salah sasaran)

Berdaulat.id, Bantul— Terungkapnya perempuan misterius pengirim sate beracun di Kabupaten Bantul yang menewaskan Naba Faiz Prasetya (10)...

Bersama Panglima TNI, Kapolri Tinjau Pos Penyekatan Merak-Bakauheni

Berdaulat.id, JAKARTA— Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua DPR RI...

100 Hari Kerja Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

Berdaulat.id, JAKARTA - Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri selama 100 hari kerja pada 8...