Minggu, Juli 21, 2024
BerandaNasionalKetua DPR RI Desak Pemerintah Umumkan Langkah Pencegahan Virus Corona

Ketua DPR RI Desak Pemerintah Umumkan Langkah Pencegahan Virus Corona

Berdaulat.id,- Ketua DPR RI, Puan Maharani mendesak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dibentuk pemerintah segera mengumumkan langkah-langkah penanganan wabah Corona secara transparan kepada masyarakat.

“Gugus Tugas juga harus menjadi representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat disertai langkah-langkah konkret sosialisiasi, edukasi, mitigasi, tanggap darurat dan pembatasan sosial untuk kepentingan penanganan wabah Corona,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin, (16/3/20).

Pemerintah juga diminta mengoptimalkan peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menjalankan fungsi terpadu dan terintegrasi dalam penanganan wabah Corona di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Langkah terpadu dan terintegrasi itu meliputi sosialisasi, deteksi dini, penanganan pasien, penanganan dampak dan rehabilitasi sesuai pedoman penanganan protokol WHO dalam hal pencegahan pandemik Corona,” tutur dia.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga meminta pemerintah melalui BNPB untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan swasta dalam penanganan wabah Corona

“DPR RI mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non-alam sehingga respons atas peristiwa ini menggunakan langkah-langkah tanggap darurat bencana nasional yang dikoordinir oleh BNPB,” ujarnya.

Putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu memastikan DPR mendukung sistem penanggulangan covid – 19 dengan menerapkan isolasi terbatas dan karantina wilayah berdasarkan UU No 6 tahun 2018 tentang Karantina seperti meliburkan sekolah dan menggantinya dengan sistem belajar online.

“Kita meminta masyarakat membatasi pertemuan-pertemuan yang melibatkan keramaian massa, menyarankan warga untuk bekerja dari rumah serta bentuk-bentuk aktivitas lain yang mendukung social distancing. Karena itu DPR RI meminta Pemerintah dan Masyarakat disiplin melaksanakan social distancing,” tukas dia.[ark]

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments