29.1 C
Luwuk
Rabu, November 18, 2020

KPU Makassar Tetapkan Nomor Urut Paslon

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Luis Filipe Dilirik Barcelona dan Manchester City

Berdaulat.id - Klub-klub papan atas di Eropa mulai mengincar Defender Lazio, Luiz Felipe. Hal itu, lantaran performans Felipe yang sangat mengesankan.

Pelantikan Dekan FIKES, FKIP, Kepala LPPM dan Kepala KPMA

Foto : Net Bogor, Rabu 2 September 2020 telah dilaksanakan pelantikan Dekan FIKES (Fakultas Ilmu Kesehatan), Dekan FKIP...

Stafsus Presiden Mundur, ProDem: Pangkal Soalnya Ada Pada Jokowi

Berdaulat.id - Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) mengapresiasi pengunduran diri CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dari jabatan staf khusus (Stafsus) Presiden...

Google Maps Coba Mode Gelap

Google Maps dilaporkan tengah melakukan uji coba mode gelap untuk beberapa pengguna yang menjalankan aplikasi mulai versi 10.51.1 yang berjalan di Android...

Berdaulat.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan akhirnya menetapkan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar di hotel Harper, jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Kamis.

Saat pengundian Pasangan calon Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse dengan akronim Adama mendapat nomor satu disusul pasangan calon Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando dengan akronim Appi-Rahman mencabut nomor urut dua.

Kemudian pasangan calon Syamsu Rizal-Fadli Ananda dengan akronim Dilan memperoleh nomor urut tiga dan terakhir pasangan calon Irman Yasin Limpo-Zunnun Nurdin Halid dengan akronim Imun mendapatkan nomor urut empat.

Komisioner KPU Kota Makassar Gunawan Mashar selaku koordinator divisi teknis penyelenggara mengatakan proses pengundian nomor urut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Corona Virus Disease (COVID-19).

“Untuk pengundian nomor urut ada dua, pertama-tama kita menentukan lebih dulu memilih nomor gilir dari angka 30-60. Urutan paling terendah, pasangan calon lebih dulu mencabut nomor urut,” katanya saat proses pengundian.

Selanjutnya, tahapan kedua, bagi Pasangan calon yang mendapatkan nomor gilir terendah akan memilih boks dinamai box Protap COVID-19, untuk menentukan mana yang akan dipilih.

“Kami menamakan boks Protap COVID sesuai dengan kondisi saat ini. Dilanjutkan Paslon membuka diatas panggung mana yang telah dipilihnya untuk menentukan nomor urut masing-masing,” papar mantan Ketua AJI itu.

Proses pengambilan nomor gilir di mulai dari susunan abjad. Pencabutan nomor gilir dilaksanakan wakil wali kota masing-maisng, yakni Abdul Rahman Bando, Fatmawati Rusdi Masse, Fadli Ananda, dan Zunnun Nurdin Halid.

Fatmawati mendapat nomor terendah 43, kemudian Zunnun nomor 46, disusul Fadli 47 dan Abdul Rahman Bando nomor 59. Proses dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut masing-masing di atas panggung yang dibuka secara bersamaan.

Sebelumnya KPU Kota Makassar telah menetapkan empat pasangan calon yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada 9 Desember 2020 di kantor KPU setempat pada Rabu, 23 September 2020.

Rencananya setelah pencabutan nomor urut tersebut, akan dirangkaikan dengan deklarasi penegakan protokol kesehatan COVID-19, kemudian dilanjutkan deklarasi Pilkada Damai dan ditutup Deklarasi tolak politik uang di hotel setempat bagi semua paslon disaksikan KPU, Bawaslu dan unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Puan: Selamat HUT ke-108 Muhammadiyah, Terus Konsisten Perjuangkan Islam Berkemajuan

Berdaulat.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan rasa bangganya pada seluruh pimpinan dan kader Muhammadiyah. Puan menilai, Muhammadiyah yang genap berusia...

Jelang Pilkada 2020, DPR Minta KPU-Bawaslu Terus Koordinasi dengan Satgas COVID-19

Berdaulat.id - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya meminta KPU dan Bawaslu terus berkoordinasi secara intensif dengan Satuan...

UU Ciptaker Dinilai Mungkinkan UMKM Sebagai Pelaku Usaha KEK

Berdaulat.id - Peneliti ekonomi dari The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Andry Satrio Nugroho menilai UU Nomor 11 Tahun...

Menlu Iran Sebut Biden Dapat Cabut Sanksi Dengan Cara Ini

Berdaulat.id - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan Iran akan sepenuhnya menerapkan kesepakatan nuklir 2015 jika Presiden terpilih AS Joe...

Mahyudin Ingatkan Pelaksanaan Pilkada Perhatikan Protokol Kesehatan

Berdaulat.id - Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengingatkan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Barat agar memperhatikan...