Selasa, Mei 21, 2024
BerandaEkonomiLemahnya Rupiah Bisa Menguat Lagi Karena Ini

Lemahnya Rupiah Bisa Menguat Lagi Karena Ini

Berdaulat.id – Meski mengalami penurunan, Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dollar masih bisa mengalami kenaikan. Hal itu, seiring mulai stabilnya harga minyak dunia.

Demimian diungkapkan Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra seperti dilansir antara, Senin (27/4/20).

Diketahui, pada pukul 10.07 WIB, rupiah masih melemah 80 poin atau 0,52 persen menjadi Rp15.480 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.400 per dolar AS.

“Rupiah bisa menguat hari ini mengikuti momentum penguatan yang didapat di akhir pekan lalu,” kata

Menurut Ariston, sentimen positif datang dari harga minyak mentah yang mulai stabil. Harga minyak mentah membaik di akhir pekan lalu, dimana West Texas Intermediate (WTI) naik 2,7 persen ke 16,9 dolar AS per barel dan Brent naik 0,5 persen ke 21,4 per dolar AS per barel.

Sentimen positif lainnya yaitu lockdown di beberapa negara pandemi COVID-19 yang akan segera dibuka.

Selain itu, ada isu Bank Sentral Jepang Bank of Japan (BoJ) yang mempertimbangkan stimulus pembelian obligasi tanpa batas. BoJ akan mengumumkan hasil rapat moneternya Selasa besok.

Ariston memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp15.300 per dolar AS hingga Rp15.550 per dolar AS.

Sementara itu, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp15.360 per dolar AS hingga Rp15.510 per dolar AS.

“Dalam perdagangan Senin ini, rupiah kemungkinan masih akan bergolak. Walaupun dibuka melemah, tetapi kemungkinan ditutup menguat,” ujar Ibrahim.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Senin menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp15.591 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp15.553 per dolar AS.[]

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments