29.1 C
Luwuk
Sabtu, Februari 27, 2021

Mahyudin Ingatkan Pelaksanaan Pilkada Perhatikan Protokol Kesehatan

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Gempa Mamuju dan Majene, Laznas WIZ Salurkan Bantuan Akses Warga Terdampak

Berdaulat.id, Mamuju – Relawan Laznas Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) bergerak cepat menyalurkan bantuan awal tanggap darurat bagi...

Bersama Pemuda Cikembulan, WIZ Luncurkan Pojok Belajar Inspirasi

Berdaulat.id - Adanya keprihatinan terhadap kelanjutan pendidikan pelajar di tengah pandemi ini yang mana banyak di antara pelajar yang kesulitan membeli kuota...

Wilayah Sulteng Bakal Dimulai “Operasi Yustisi” Kepatuhan Protokol Kesehatan

Berdaulat.id - Mulai hari ini seluruh wilayah di Sulawesi Tengah akan melaksanakan operasi yustisi dalam rangka penegakkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, demikian...

Puan Minta Pemerintah Beri Solusi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Berdaulat.id - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah membuat data akurat tentang pelajar terdampak pandemi Covid-19 agar kebijakan yang dijalankan memastikan...

Berdaulat.id – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengingatkan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Barat agar memperhatikan protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada Pilkada 9 Desember 2020.

Mahyudin mengatakan bahwa pelaksanaan pilkada di tengah COVID-19 berpegang pada beberapa prinsip, yakni memperhatikan perlindungan, keamanan jiwa dan kesehatan yang maksimal terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada 2020, mulai dari hulu sampai dengan hilir.

“Masalah keselamatan ini tidak bisa ditawar, jangan sampai penyelenggara dan masyarakat tertular COVID-19 dan menimbulkan klaster baru, klaster pilkada,” ujar Mahyudin dalam kunjungan kerja anggota DPD RI di Kantor Gubernur NTB, Mataram, Selasa (17/11)

Selain protokol kesehatan, Mahyudin juga mendorong ketersediaan kerangka hukum yang adaptif tetapi tetap akuntabel dalam pelaksanaan pilkada, termasuk meminta pemerintah daerah menuntaskan penting dukungan anggaran dan distribusi logistik yang tepat waktu.

“Kerangka hukum ini yang pro pada keamanan dan kesehatan semua pihak. Tentu kami juga sudah diberitahu bahwa di NTB sudah ada perda tentang COVID-19 mudah-mudahan perda ini bisa dilaksanakan,” ucapnya.

Di setiap TPS, menurut dia, perlu memperhatikan ketersediaan masker, sarung tangan, dan “hand sanitizer” untuk petugas-petugas di TPS. Masyarakat diharapkan tidak berdesak-desakan.

Menurut Mahyudin, dibutuhkan komitmen semua pihak untuk menjaga keberlanjutan tahapan pilkada yang jujur, adil, dan demokratis walaupun di tengah pandemi COVID-19, termasuk memastikan tidak ada diskriminasi antarpasangan calon serta penegakan integritas, kredibilitas, transparansi, dan akuntabilitas hasil pilkada.

“Jadi hasil pilkada bisa diterima segala pihak yang memang mengayomi semua masyarakat. Yang kalah harus menerima kekalahannya, tetapi kadang ada juga orang siap menang, tidak siap kalah,” katanya.

Mahyudin mengakui penyebaran COVID-19 di NTB cukup terkendali. Hal ini tidak terlepas dari penyelenggaraan lomba Kampung Sehat yang memicu masyarakat untuk ambil andil dan sadar akan pentingnya protokol COVID-19 dalam beraktivitas, sehingga dinilai tepat dalam menurunkan angka penularan COVID-19.

“Akan tetapi untuk menghindari adanya klaster baru kewaspadaan perlu terus ditingkatkan,” ujarnya.

Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah mengatakan penegakan protokol kesehatan COVID-19 menjadi sesuatu yang benar-benar diperjuangkan oleh Pemprov NTB bersama TNI, Polri, dan seluruh pemangku kepentingan di daerah.

“Perda yang berkaitan dengan penegakan protokol COVID-19 ini menjadi perda yang pertama di Indonesia, tetapi penerapan protokol kesehatan ini memang membutuhkan sinergi yang luar biasa, konsistensi, kesabaran, kedisiplinan yang tidak kendur. Ini menjadi ujian yang luar biasa besar bagi kami di NTB,” tuturnya.

Wagub menyebutkan saat ini di tujuh kabupaten dan kota di NTB sedang melaksanakan tahapan Pilkada 2020, tentu hal ini akan menjadi tantangan dan pekerjaan rumah besar bagi Pemprov NTB. Oleh sebab itu, Pemprov NTB bersama Polda, TNI, dan tokoh masyarakat sudah sejak awal berkomitmen agar pilkada serentak ini dapat mematuhi dan mengedepankan protokol COVID-19.

“Di awal kita undang seluruh bakal calon, sebelum mereka ditetapkan sebagai calon, untuk membuat komitmen bahwa dalam proses, mereka harus mematuhi protokol kesehatan, tanda tangan, membuat komitmen, dan sanggup untuk kemudian diberikan sanksi apabila melanggar protokol,” kata wagub.

Selain itu, sinergi antara pemerintah daerah bersama TNI dan Polri terus dijaga, agar pengawalan Pilkada serentak 2020 ini dapat benar-benar berjalan dengan sebaik-baiknya.

“Hal yang tidak mudah, tapi kami saling menguatkan selalu untuk bagaimana NTB ini tetap bisa hidup aman dan produktif,” ujar wagub.

Wagub menjelaskan menghadapi pilkada serentak ini, NTB relatif aman dan terkendali akan tetapi hal tersebut perlu kewaspadaan untuk melihat potensi-potensi yang akan mungkin terjadi ke depan.

“Tentunya doa kita semua supaya momentum demokrasi di NTB ini bisa berjalan kondusif dan lancar dan juga kita bisa berdamai dengan COVID-19 sampai ditemukannya vaksin,” katanya.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Syakir Daulay Didaulat Jadi Duta Wakaf

JAKARTA—Direktur Baitul Wakaf Rama Wijaya mengungkapkan wakaf bisa dilakukan berbagai kalangan. Tua dan muda, laki-laki dan perempuan,...

KA SPN Polda Sulteng Gelar Supervisi PJJ di Mapolres Banggai

Kepala Sekolah Polisi Negara (KA SPN)Polda Sulteng Kombea Pol Hery Nooryanto SIK, menggelar supervisi Pembelajaran Jarak Jauh...

Laznas PPPA Daarul Qur’an Jadi Pelopor Sustainability Report Pada Gerakan Filantropi Islam

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) PPPA Daarul Qur'an menjadi pelopor sustainability report atau laporan keberlanjutan di dunia...

Tolak Zuhairi Misrawi

by M Rizal Fadillah Pengajuan Zuhairi Misrawi sebagai Duta Besar Saudi Arabia terus menuai...

Pemantapan Komunikasi Publik, Konferensi Pers Polda Sulteng Hadirkan Interpreter

Berdaulat.id, Palu Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Konferensi Pers yang diselenggarakan Polda Sulawesi Tengah pagi ini, Kamis...