29.1 C
Luwuk
Kamis, April 22, 2021

Menaker Bahas Kesiapan SDM Pariwisata dengan PHRI Di Labuan Bajo

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Penyidik Bareskrim Polri Hadir di Gedung KPK

Berdaulat.id - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan tim penyidik Bareskrim Polri sudah hadir di Gedung KPK, Jakarta,...

Satu Orang Tewas Saat RS Rujukan Pasien COVID-19 Dilanda Kebakaran

Berdaulat.id - Satu orang tewas setelah sebuah rumah sakit (RS) rujukan pasien COVID-19 di Moskow dilanda kebakaran pada Sabtu (9/5/20). Demikian disampaikan...

OJK Perpanjang Relaksasasi Restrukturisasi Kredit

Berdaulat.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan untuk memperpanjang kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit selama setahun untuk membantu mendorong pemulihan ekonomi.

Yasona Laoly Raker Dengan Komisi III DPR RI

Berdaulat.id - Komisi III DPR RI menggelar Rapat Kerja dengan Menteri Hukum Dan HAM RI Yasona Laoly berserta jajrannya dengan agenda pembahasan...

Berdaulat.id -Guna mempersiapkan kompetensi SDM maupun sertifikasi profesi di sektor Pariwisata, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melakukan pertemuan dengan persatuan hotel dan restoran se-Labuan Bajo, Sabtu (14/11/2020).

Dalam pertemuan ini, Menaker Ida menyampaikan bahwa Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang benar-benar bisa dikatakan seperti “surga” yang diberikan Tuhan kepada masyarakat Labuan Bajo yang harus dioptimalkan semaksimal mungkin. Apalagi pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai super prioritas destinasi pariwisata.

“Infrastruktur tetap digenjot, tapi ingat harus didukung oleh sumber daya manusia yang unggul. Infrastruktur di labuan bajo ini juga sudah didorong habis-habisan dan apabila tidak mendapat dukungan dari SDM manusia yang unggul, pada akhirnya infrastruktur itu tidak akan memberikan dampak dan efek kepada SDM setempat,” kata Menaker Ida.

Menaker Ida menambahkan bahwa pemerintah terus menggenjot kompetensi SDM di sektor pariwisata yang ada di Labuan Bajo, salah satunya melalui UPTP Lombok Timur yang berkonsentrasi pada kejuruan pariwisata.

Lebih lanjut, Menaker Ida mendorong agar peserta pelatihan nantinya dapat langsung terserap masuk pasar kerja terutama di wilayah perhotelan di Labuan Bajo, yang kedepannya tentu membutuhkan SDM perhotelan yang banyak.

“Saya meminta kepada Pak Dirjen Binalattas dan Pak Wagub agar efektivitas dari BLK yang ada di Kupang maupun di Labuan Bajo agar dioptimalkan di tahun 2021, begitupun dengan segala kebutuhan kejuruan yang dibutuhkan, yakni melalui koordinasi dengan PHRI agar bisa identifikasikan kebutuhan kejuruannya seperti apa saja,” lanjut Ida.

Sementara itu, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi, mengajak kepada PHRI agar bersama melakukan pembangunan di NTT khususnya dengan semua jaringan yang ada disini, serta mengkolaborasikan kesiapan pembangunan SDM.

“Teman-teman di PHRI mari kita kerjasama, kalau teman-teman PHRI ada kesulitan dalam perijinan oleh OPD (organisasi perangkat daerah) silakan menghubungi kami, Menaker Ida datang ke sini untuk mendukung penuh pengembangan kompetensi bagi masyarakat NTT, jadi kalau ada kebutuhan SDM ataupun kebutuhanlogistik segera beritahu kami,” ungkap Josef.

Perwakilan PHRI, Silvestre dan perwakilan Komodo Resort, Agustina, menyampaikan aspirasinya kepada Menaker Ida terkait masih minimnya sertifikasi profesi disektor pariwisata.

Menurutnya, baru sekitar 25% tenaga kerja di sektor pariwisata di Labuan Bajo ini yang memiliki sertifikasi profesi kompetensi di bidangnya.

“Dengan dioptimalkannya BLK baik milik pemerintah pusat maupun daerah, Kami berharap kualitas kompetensi SDM yang ada di Labuan Bajo ini segera terwujud, dengan dilengkapinya sertifikasi profesi yang diberikan,” ujarnya.(Prasetyo/Rls).

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Kamus Sejarah Indonesia Jilid I & II Beredar di Olshop

Fikri Faqih: “Bila tidak dilarang, berarti benar adanya” Berdaulat.id, Wakil Ketua Komisi X DPR...

Muslimah Wahdah Siap Tebar Ifthar di Seluruh Penjuru Nusantara

Berdaulat.id, Bulan Ramadhan merupakan momentum terbaik untuk merefleksikan diri untuk hijrah ke arah yang lebih baik. Tidak...

Artikel Ramadhan 9 : Definisi, Dalil, dan Hukum I’tikaf

I’tikaf (Bagian 1) Berdaulat.id, Definisi, Dalil, dan Hukum I’tikaf Definisi

Rakor Lintas Sektoral Jelang Idul Fitri, Kapolri: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

Berdaulat.id, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan soal asas Salus Populi Suprema Lex Esto atau...

Pre Order Mud

Berdaulat.id, MUD adalah alat ukur yang dikenal dalam syariat Islam untuk beberapa pengukuran. Anas...