Berdaulat.id -Lantaran dampak dari merebaknya pandemi Covid-19, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya secara digital.
Menurut Agus, langkah yang dilakukan kementerian yang dipimpinnya agar para pelaku usaha dapatr meningkatkan usahanya dengan cara menjual produknya secara online sehingga aktivitas usahanya tetap berjalan.
“Mengajak pelaku IKM nasional untuk masuk dan bersaing di platform digital. Kami juga berupaya membantu produk-produk mereka bisa dipasarkan secara online dan juga membantu masyarakat bisa menemukan produk yang dibutuhkan dengan mudah,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Kamis (9/7/20).
Saat ini lanjut Agus, Kementerian Perindustrian telah menjalankan berbagai langkah strategis, di antaranya menginisiasi program e-Smart IKM yang diluncurkan sejak tahun 2017 dengan tujuan memfasilitasi pelaku IKM di dalam negeri bisa memanfaatkan platform e-commerce.
Selain itu, menggelar kegiatan bimbingan teknis atau pelatihan tentang pemasaran dan kemasan produk.
“Upaya tersebut sesuai anjuran Bapak Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar semua kebutuhan lokal 100 persen bisa didapatkan atau disuplai dari industri dalam negeri,” tutur Menperin.
Selain membantu pelaku IKM dapat bertahan menjalankan aktivitas usahanya di masa pandemi Covid-19, pemerintah juga berharap produk-produk industri nasional bisa bersaing dengan produk asing.
Oleh karena itu, melalui program bertajuk Bangga Buatan Indonesia, pemerintah ingin masyarakat bisa mendapatkan kebutuhannya dari barang-barang yang diproduksi industri di dalam negeri.
“Jadi, kami bertekad untuk mendorong produsen tersebut bisa memasarkan produknya ke market Indonesia, termasuk sektor IKM masuk ke pasar e-commerce,” tukasnya.[ark]