Kamis, Juni 13, 2024
BerandaBerita UtamaMerebaknya COVID-19,Lapas di Indinesia bakal Disemprotkan Disinfekta

Merebaknya COVID-19,Lapas di Indinesia bakal Disemprotkan Disinfekta

Berdaulat.id,- Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Bakal melakukan penyemprotan ke sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia.

Hal itu, sebagai bentuk pencegahan merebaknya penyebaran Virus Corona yang juga dikenal dengan sebutan COVID-19.

Demikian diungkapkan, Jusuf Kalla seperti dilansir kantor berita antara, Jumat (20/3/20).

“Semua penjara akan diperiksa dengan cara ini, saya kira PMI siap karena sekarang kami sedang membentuk sekitar 2000-an tim di seluruh Indonesia untuk kegiatan ini,” kata JK usai menyaksikan penyemprotan disinfektan di Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Jumat.

Dijelaskan mantan wakil presiden ini, penyemprotan disinfektan di lapas penting, karena dalam lokasi tersebut terdapat warga binaan yang tidak bisa bebas keluar dan masuk area lapas, sehingga sterilisasi secara teratur harus dilakukan.

Terlebih lagi, lanjut JK, jumlah warga binaan di dalam Lapas Kelas 1 Cipinang empat kali lebih banyak daripada muatan yang seharusnya. Apabila satu warga binaan saja terinfeksi COVID-19, maka penyebaran di dalam lapas akan lebih cepat dan berbahaya, jelas JK.

“Ini kan ada kerumunan tetap, padat pula, (jumlahnya) empat kali lipat daripada kapasitasnya, oleh karena itu memang secara teratur harus disterilkan pada zaman ini,” tambahnya.

Penyemprotan disinfektan di dalam lapas dan rutan tidak perlu memindahkan warga binaan, karena kandungan alkohol pada cairan tersebut aman apabila mengenai manusia.

“Tidak apa-apa, (disinfektan) kena orang pun tidak soal karena orang itu kadang-kadang dibersihkan. Ini kan sama dengan anda pakai sabun tangan, itu kan disinfektan juga. Ini tidak berbahaya, ini kan bukan racun,” jelasnya.[ark]

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments