29.1 C
Luwuk
Selasa, Maret 5, 2024

Pekan Baca Palestina

Baca juga

Berdaulat.id, Seperti yang kami kampanyekan di media sosial kami beberapa minggu lalu, Publishers for Palestine merupakankolektif solidaritas global baru dari para penerbit dan orang-orang yang bekerja di industri penerbitan. Pertama-tama kami berkumpul untuk menyusun sebuah pernyataan terbuka solidaritas kepada bangsa Palestina dan mengecam banyak bagian dari industri penerbitan, termasuk Frankfurt Book Fair, yang membungkam suara-suara Palestina dan kritik kepada Israel. Kalian bisa membaca pernyataan kami di sini—lebih dari 350 penerbit dari berbagai negara telah menandatanganinya dan memberitahu kami bahwa mereka ingin berbuat lebih.

Sebagai salah satu langkah berikutnya, kami mengorganisir Pekan Baca Palestina, 29 Nov hingga 5 Des.

Selama Pekan Baca Palestina, yang dimulai pada 29 Nov, yang sekaligus Hari Solidaritas Internasional kepada Rakyat Palestina, Publishers for Palestine meminta orang-orang di seluruh dunia untuk membaca fiksi dan puisi karya para penulis Palestina dan diaspora Palestina, serta nonfiksi mengenai sejarah Palestina, politik, seni, budaya, tata boga, dan kehidupan, dan juga buku-buku tentang pengorganisasian, perlawanan, dan solidaritas bagi Palestina Merdeka.

Para penerbit dari berbagai negara juga telah menyumbang bagi Daftar Bacaan Palestina Merdeka (Free Palestine Reading List) e-book dalam berbagai bahasa yang akan bisa diunduh gratis mulai 29 Nov hingga 5 Des. Buku-buku ini—dalam lebih dari enam bahasa—akan tersedia di situs publishersforpalestine.org selama tanggal yang tercantum di atas.

Kami mendorong pembaca agar mengunggah di media sosial buku-buku Palestina favorit mereka, mengutip dari para penulis kesukaan mereka, dan menjadikan pembelajaran mengenai Palestina ini sebagai sebuah aksi solidaritas, memakai tagar #ReadPalestine, #LirelaPalestine, #BacaPalestina #اقرأ_فلسطين, dan lainnya.

Kami akan senang sekali bila kalian ikut dalam aksi solidaritas ini!

Ini yang bisa kalian lakukan untuk menyebarkannya:

  • Unduh gambar-gambar yang bisa dicetak maupun dibagi di media sosial ini, dan pasang poster-poster dalam komunitas kalian.
  • Ikuti Publishers for Palestine di Twitter dan Instagram (@publishers4palestine), dan bagikan postingan kami. (Facebook menyusul!)
  • Dorong pembaca agar mengunggah di media sosial buku-buku Palestina favorit mereka, mengutip dari para penulis kesukaan mereka, dan menjadikan pembelajaran mengenai Palestina ini sebagai sebuah aksi solidaritas, memakai tagar #ReadPalestine, #LirelaPalestine, #BacaPalestina #اقرأ_فلسطين, dan lainnya.
  • Kreasikan displai Baca Palestina, posting media sosial, dan bentuk-bentuk solidaritas kreatif lainnya.

Jika kalian bisa berbuat lebih, pertimbangkan untuk:

  • Mengorganisir pembacaan puisi;
  • Gelar diskusi panel tentang Palestina dan sensor;
  • Adakan pembacaan di suatu tempat yang tidak terlihat seperti biasa-biasa saja;
  • Cari cara-cara kreatif untuk mendisrupsi kehidupan sehari-hari dengan acara literer

Jika kalian ingin mendapat lebih banyak informasi untuk bisa lebih terlibat atau memiliki pertanyaan, silakan email Publishers for Palestine di publishersforpalestine@gmail.com

Salam solidaritas,

Publishers for Palestine

publishersforpalestine@gmail.com

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru