29.1 C
Luwuk
Senin, April 19, 2021

Peran TNI dalam Penanganan COVID-19 dan Resesi ekonomi Dinilai Tak Bisa Dipisahkan

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Hijrah Menuju Kemerdekaan Ekonomi

H. Hendri Tanjung, Ph.D, Foto : Net. Bulan agustus 2020 adalah bulan Istimewa, karena berkumpul dua peristiwa penting,...

Soal RUU HIP, SBY Angkat Bicara

Berdaulat.id - Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) terus menuai penolakan dari berbagai kalangan masyarakat dan Ormas Islam.

Ketua KPK Tegaskan Pilkada Mendatang Harus Bebas dari Politik Uang

Berdaulat.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan bahwa pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada Desember 2020 mendatang harus bebas dari...

MUI: Penetapan Zona COVID-19 Harus Berkoordinasi Lintas Sektor

Berdaulat.id - Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan, penetapan zona COVID-19 harus berkoordinasi secara lintas sektor.Hal itu disampaikan Amirsyah...

Berdaulat.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Bambang Soesatyo menilai peran TNI dalam penanganan pandemi COVID-19 dan resesi ekonomi 2020 tak bisa dipisahkan, agar persoalan global itu tidak sampai mengganggu ketahanan dan stabilitas nasional.

Politisi yang akrab disapa Bamsoet itu secara khusus meminta agar produktivitas TNI dapat terus ditingkatkan di Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI), dengan cara melakukan sinergi dengan semua kekuatan masyarakat guna memutus rantai penularan COVID-19.

‘’Peringatan HUT TNI tahun ini diperingati ketika bangsa dan negara berada di zona resesi ekonomi dan di tengah pandemi COVID-19. Karena itu, baik resesi maupun pandemi COVID-19 harus ditangani dengan penuh kebijaksanaan agar ketahanan dan stabilitas nasional tetap terjaga. Sebagai salah satu unsur kekuatan bangsa, TNI wajib tampil dan mengambil bagian dalam keseluruhan proses penyelesaian dua masalah itu,’’ ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia itu menuturkan lonjakan kasus COVID-19 justru terjadi di daerah atau wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, khususnya di pulau Jawa.

“Kota-kota besar di Jawa masih mencatatkan penambahan kasus baru dalam jumlah yang besar,” kata Bamsoet.

Hingga Sabtu (3/10/20), jumlah pasien COVID-19 di Indonesia mencapai 299.506 orang, dengan kenaikan per hari lebih dari 4.000 kasus baru.

“Fakta ini mempersulit upaya pemulihan ekonomi nasional. Resesi ekonomi tidak bisa dihindari ketika peningkatan kasus COVID-19 di dalam negeri semakin mencemaskan. Karena itu, cepat atau lambat, kecenderungan ini harus bisa dihentikan. Sikap bijak harus dikedepankan agar ekses resesi ekonomi dan pandemi COVID-19 bisa diminimalisir,” kata Bamsoet.

Karena itu, Ketua DPR RI ke-20 itu berharap efektivitas peran dan fungsi TNI mendorong kepatuhan masyarakat mematuhi protokol kesehatan terus dimaksimalkan.

Sehingga, target menurunkan jumlah kasus COVID-19 bisa segera terwujud dengan tingkat penularan yang minim, dan upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi bisa segera dimulai.

‘’Untuk mewujudkan sinergi yang kuat dan produktif, saya menyarankan agar para Panglima Daerah Militer (Pangdam) meningkatkan koordinasi dengan semua pemerintah daerah di pulau Jawa. Semua harus sepakat bahwa potensi penularan COVID-19 harus bisa diminimalisir. Dari kesepakatan itu, akan muncul kebijakan dan langkah yang seragam dalam mendorong kepatuhan masyarakat mematuhi protokol kesehatan,’’ pungkas Bamsoet.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Partai Gelora: Teruslah berkolaborasi, hanya soal waktu

Berdaulat.id, Keyakinan kita dengan narasi baru dalam berpolitik, harus menghujam kuat dalam sikap, tindakan dan Aksi aksi...

Partai Gelora Sambut Baik Keputusan AS Tarik Mundur Pasukannya dari Afghanistan setelah 20 Tahun

Berdaulat.id, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyambut baik keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menarik 9.600...

Partai Gelora: Mengokohkan Identitas Sebagai Partai Nasionalis, Religius, dan Millenial

Berdaulat.id, Lahir di tengah krisis, partai baru tentu punya PR yang amat besar. Dengan...

Audiensi dengan Ketua SKK Migas, Kapolri Tekankan Pendampingan Untuk Sehatkan Iklim Investasi

Berdaulat.id, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audiensi dengan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan...

Didera Kasus Hukum, Habib Rizieq Shihab Malah Sukses Raih Gelar Doktor dari Universiti Sains Islam Malaysia

Berdaulat.id, JAKARTA – Imam Besar Front Persatuan Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab lulus dari ujian program doktoral...