29.1 C
Luwuk
Kamis, April 22, 2021

Pertamina RU VII Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu Distrik Seget

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Menag Fahrul Razi Raker Dengan Komisi VIII DPR

Berdaulat.id - Komisi VIII DPR RI kembali melanjutkan Rapat Kerja dengan Menteri Agama RI Fahrul Razi dengan agenda Pembahasan RKA K/L TA...

Menkeu Sebut Kerja Sama Multilateral Pulihkan Ekonomi

Berdaulat.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini kerja sama multilateral memiliki peran penting dalam proses pemulihan ekonomi dampak pandemi COVID-19 karena krisis...

Menaker Ida Fauziyah Berdayakan Korban PHK Melalui Program Padat Karya

Berdaulat.id - Untuk membantu pekerja yang ter-PHK dan dirumahkan akibat pandemi Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan membuat terobosan baru dalam program padat karya. Salah...

Lantaran Keberpihakan Pemerintah, Sektor UMKM Kian Meningkat

Berdaulat.id - Sektor UMKM yang tak mengalami peningkatan seperti UMKM di negara lain, kali ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.Demikian disampaikan Sekretaris...

Berdaulat.id – Pertamina Refinery Unit (RU) VII Kasim di Provinsi Papua Barat berupaya meningkatkan kapasitas kader posyandu di Distrik Seget, Kabupaten Sorong dengan penyuluhan dan pelatihan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)

Unit Manager Comrel dan CSR Pertamina RU VII Kasim Dodi Yapsenang di Sorong, Senin, mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan dan pelatihan itu guna peningkatan kapasitas kader posyandu kampung-kampung area perusahaan yang berlangsung dalam pekan ini.

Kegiatan itu merupakan program CSR Pertamina RU VII tahun 2020 yang dilakukan bekerja sama dengan  Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong dan Wahana Visi Indonesia.

Dia mengatakan program pemberdayaan masyarakat tersebut adalah Program Sehati (Sehat Ibu dan Anak) di mana posyandu dan kadernya dilatih agar mampu melakukan pelayanan dengan maksimal.

Menurut dia, program berbasis masyarakat tersebut sudah teruji dalam meningkatkan derajat kesehatan balita dan Ibu hamil.

Program ini merupakan salah satu upaya mendorong program pemerintah guna mencegah dan menghentikan “stunting” pada balita dan ibu hamil.

Pihaknya bersama mitra kerja melihat pentingnya kader posyandu sebagai mitra tenaga kesehatan di setiap kampung, di mana untuk Disrtik Seget adalah daerah ring satu perusahaan untuk menjalankan program tersebut.

Karena itu, lanjut dia, guna meningkatkan kemampuan para kader posyandu dalam kerja sama itu dilaksanakan pelatihan, terutama tentang manajemen posyandu.

“Tahap awal dalam pekan ini kami lakukan di empat kampung di wilayah ring satu Pertamina RU VII dan akan terus berlanjut,” katanya.

Program pelatihan untuk kader posyandu ini merupakan salah satu dari sembilan program ComRel dan CSR RU VII di tahun 2020 yang harus diselesaikan.

Pada tahun 2020 pihaknya bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia dan Dinkes untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat.

“Harapan kami pelatih dapat meningkatkan kapasitas kader-kader posyandu sehingga bisa berkontribusi menurunkan angka stunting di kampung-kampung di Distrik Seget,” demikian Dodi Yapsenang.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Kamus Sejarah Indonesia Jilid I & II Beredar di Olshop

Fikri Faqih: “Bila tidak dilarang, berarti benar adanya” Berdaulat.id, Wakil Ketua Komisi X DPR...

Muslimah Wahdah Siap Tebar Ifthar di Seluruh Penjuru Nusantara

Berdaulat.id, Bulan Ramadhan merupakan momentum terbaik untuk merefleksikan diri untuk hijrah ke arah yang lebih baik. Tidak...

Artikel Ramadhan 9 : Definisi, Dalil, dan Hukum I’tikaf

I’tikaf (Bagian 1) Berdaulat.id, Definisi, Dalil, dan Hukum I’tikaf Definisi

Rakor Lintas Sektoral Jelang Idul Fitri, Kapolri: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

Berdaulat.id, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan soal asas Salus Populi Suprema Lex Esto atau...

Pre Order Mud

Berdaulat.id, MUD adalah alat ukur yang dikenal dalam syariat Islam untuk beberapa pengukuran. Anas...