Sabtu, April 19, 2025
No menu items!
BerandaDaerahRaih Gelar Doktor Syahrullah Asyari Bawa Inovasi Pendidikan Matematika Berbasis Pancasila

Raih Gelar Doktor Syahrullah Asyari Bawa Inovasi Pendidikan Matematika Berbasis Pancasila

Syahrullah Asyari, dosen jurusan Matematika Fakultas FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM), berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Pendidikan Matematika dari Program Studi S3 Pasca Sarjana UNM. Acara promosi doktor ini berlangsung di Kampus Pasca UNM Gunung Sari Makassar pada Kamis (22/08/2024).

Syahrullah mengajukan disertasi berjudul “Pengembangan Buku Teks Filsafat Pendidikan Matematika Berbasis Pancasila” yang mendapat perhatian khusus dari para penguji. Salah satu penguji eksternal dalam ujian ini adalah Prof. Dr. Irwan Akib, M.Pd, Ketua PP Muhammadiyah dan Rektor Unismuh Makassar dua periode.

Selain Prof. Irwan Akib, ujian promosi doktor ini juga dihadiri oleh penguji lainnya, yaitu Prof. Syafrudin Side, S.Si., M.Si., Ph.D, Dr. Alimuddin, M.Si, dan Prof. Dr. Sapto Haryoko, M.Pd. Sementara itu, bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed, dengan Dr. Muhammad Darwis M., M.Pd sebagai ko-promotor.

Disertasi Syahrullah berfokus pada pengembangan buku teks filsafat pendidikan matematika yang berbasis Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas isi, validitas konstruk, kepraktisan, serta efektivitas buku teks tersebut dalam proses pembelajaran.

Keunggulan Hasil Penelitian

Hasil penelitian yang dilakukan Syahrullah menunjukkan berbagai keunggulan yang signifikan dalam pengembangan buku teks tersebut:

  1. Validitas Isi: Buku teks ini memenuhi kriteria validitas isi karena berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan kontekstual budaya dan ideologi pengguna. Buku ini juga didesain berdasarkan struktur buku teks terbaru yang sesuai dengan standar Kemendikbud dan struktur buku teks modern perguruan tinggi.
  2. Validitas Konstruk: Buku teks ini dinilai sangat valid dari segi konstruk karena telah dirancang secara logis dan dinilai oleh empat ahli dalam bidang pendidikan. Buku ini dianggap berada dalam kategori “state of the art,” yang menunjukkan bahwa ia sangat relevan dan up-to-date dalam konteks pendidikan matematika saat ini.
  3. Kepraktisan: Buku teks ini dinilai sangat praktis berdasarkan hasil evaluasi dari mahasiswa calon pendidik matematika dan praktisi aktif maupun pasif. Semua penilaian menunjukkan bahwa buku teks ini dapat digunakan sesuai dengan tujuan desain dan pengembangannya, membuatnya menjadi alat yang sangat berguna dalam pembelajaran.
  4. Efektivitas: Buku ini memenuhi kriteria efektivitas dengan hasil yang memuaskan. Ketuntasan hasil belajar mencapai 100%, dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan ditunjukkan oleh nilai rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0.77, yang masuk dalam kategori tinggi. Selain itu, 100% mahasiswa memberikan persepsi positif terhadap penggunaan buku teks ini dalam pembelajaran.

Penguji utama, Prof. Irwan Akib, memberikan beberapa masukan untuk penyempurnaan disertasi ini, namun secara keseluruhan memberikan apresiasi tinggi terhadap hasil kerja keras Syahrullah. Ia juga menekankan pentingnya buku teks ini untuk mendukung pembelajaran di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, khususnya di program studi pendidikan matematika.

Dengan disertasinya yang berhasil mengembangkan buku teks yang dinilai relevan, praktis, dan efektif, Syahrullah Asyari diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengajaran matematika yang berbasis nilai-nilai Pancasila. Buku teks ini direkomendasikan untuk digunakan oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki konteks serupa dengan UNM, terutama dalam hal keberagaman agama dan suku di kalangan mahasiswa.

Gelar doktor yang diraih Syahrullah Asyari menambah daftar panjang akademisi unggul dari UNM yang terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments