Minggu, Juli 21, 2024
BerandaUncategorizedTak Tinggal Diam, Demokrat Beri 6 Rekomendasi Pada Pemerintah

Tak Tinggal Diam, Demokrat Beri 6 Rekomendasi Pada Pemerintah

Berdaulat.id,- Partai Demokrat secara resmi memberikan beberapa rekomendasi pada pemerintah untuk pencegahan merebaknya virus corona atau COVID-19 yang saat ini meresahkan masyarakat.

Dalam surat rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyona (AHY) menyarankan pemerintah untuk melakukan lockdown dalam jangka pendek terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi corona.

Namun, AHY meminta agar pasokan arus barang terutama bahan-bahan pokok tetap lancar. Dengan upaya tersebut, AHY mengharapkan bisa meminimalisasi penyebaran virus Corona dan hanya sementara dilakukan sampai dianggap aman untuk dibuka kembali.

“Lockdown pasti akan berdampak pada ekonomi, tapi keselamatan manusia dan masyarakat adalah yang pertama dan utama,” katanya dilansir Antara.

Rekomendasi selanjutnya, melakukan upaya penghentian penyebaran virus Corona di seluruh Indonesia secara intensif, masif dan terkoordinasi. Menurut PD, Kebutuhan melakukan rapid test secara masif untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus, semakin mendesak. Selain itu, perlu disinergikan langkah koordinasi pusat dan daerah, serta koordinasi antardaerah.

Rekomendasi ketiga, pemerintah diharapkan untuk melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan dalam operasi penanggulangan virus Corona, utamanya fasilitas kesehatan.

“Utamanya dari sektor-sektor yang bisa ditunda, khususnya untuk meningkatkan kapasitas fasilitas dan tenaga kesehatan, peningkatan perlindungan, dan pemberian insentif yang memadai bagi para tenaga kesehatan,” ucapnya.

Selanjutnya, memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang sangat terpuruk, kelompok yang paling rentan kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat krisis Corona ini, antara lain melalui bantuan langsung tunai (BLT) atau program jaring pengaman sosial lainnya.

Tak hanya itu, rekomendasi lainnya yaitu, merumuskan dan menjalankan kebijakan (policy response) serta tindakan pemerintah untuk menanggulangi gejolak ekonomi yang serius saat ini.

Untuk itu, ia menyarankan perlunya mempertimbangkan relaksasi dan restrukturisasi kredit, terutama di kalangan pelaku UMKM untuk memberikan kelonggaran kepada para pelaku UMKM dalam membayar kredit di tengah pelambatan ekonomi yang parah.

Dan yang terakhir, melakukan kerja sama dengan negara lain, seperti pengadaan alat kesehatan, khususnya test kit.[ark]

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments