29.1 C
Luwuk
Selasa, April 20, 2021

Tingkatkan Kinerja, Pemkot Palopo Studi Tiru ke Kabupaten Banggai

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Telat Lockdown, Apakah Indonesia Akan Seperti Itali?

Oleh: Tony Rosyid (Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa) TIDAK hanya China, Itali juga parah. Sejak diumumkan tanggal 20 Pebruari,...

Peretasan Twitter Bermula dari Phonsel

Berdaulat.id - Twitter Inc menyatakan kasus peretasan di platform tersebut beberapa waktu lalu bermula dari serangan "spear-phishing" dari ponsel.

MPR RI Berikan Penghargaan Kepada Dua Prajurit TNI

Berdaulat.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan penghargaan kepada dua prajurit TNI yang bertugas di Pangkalan Angkatan Laut Maumere Nusa Tenggara...

Komitmen Bumikan Al Quran, Kades Campaloga Respon Kehadiran Wahdah

Berdaulat.id, Mamuju - Pembinaan keagamaan khususnya bimbingan baca Qur'an yang baik dan benar merupakan prioritas setiap orang...

Berdaulat.id, Dalam rangka “Study Tiru” di Kabupaten Banggai, Bupati Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM di dampingi Wakil Bupati Banggai Drs. H. Mustar Labolo, M.Pd, menyambut hangat kedatangan Walikota Palopo yang diwakili Inspektur Kota Palopo Drs. H. Asir Mangopo, MM bersama rombongan, Selasa (26/1/2021).

Turut hadir Assisten 2 dan 3 SETDA Banggai, Kepala Bappeda Kab. Banggai, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan & Kebudayaan, Kabag Ortal, dan kepala OPD lainnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Litbang Kab. Banggai.

Bupati Banggai dalam sambutannya menyapa dan menyambut dengan hangat kedatangan Walikota Palopo dalam hal ini diwakili oleh Inspektur Kota Palopo dan seluruh rombongan di Kota Luwuk Kabupaten Banggai. Serta Bupati Banggai memperkenalkan satu-persatu pejabat-pejabat Kab. Banggai yang hadir kepada pemerintahan Palopo yang mengikuti Study tiru hari ini.

Dalam sambutannya Bupati Banggai mengucapkan terimakasih kepada walikota karna telah menghadirkan para rombongan untuk melakukan Study di Daerah Kab. Banggai.

Bupati Banggai menjelaskan tentang profil dan potensi perkembangan daerah kab. Banggai baik dalam sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata, pertanian, perilanan, dll. Bahkan baru-baru ini ditengah-tengah Covid-19 Kab. Banggai berhasil mengeksport hasil laut ke Negara Mexico.

Bupati menjelaskan tempat-tempat pariwisata yang menjadi Icon kab. Banggai yang pernah di datangi Pemerintah Pusat yang mana selain sebagai tempat pariwisata, tempat tersebut sebagai pendapatan perekonomian bagi masyarakat sekitar. Bupati juga memaparkan kepada para peserta study bagaimana cara-cara Pemda Banggai mempromosikan pariwisata di kab. Banggai hingga di kenal mulai dari Nasional sampe dengan manca Negara.

Bupati juga menjelaskan tentang potensi ASN, serta prestasi-prestasi di beberapa sektor, serta seluruh hal-hal atau inovasi-inovasi yang mengakibatkan Kab. Banggai mendapat SAKIP A dan Piala ADIPURA dengan gerakan moral PINASA yang artinya “lihat sampah ambil dan buang ke tempat sampah yang telah disediakan”. Kabupaten Banggai meraih predikat Top 45 Inovasi Pelayanan Publik yaitu menciptakan generasi emas melalui Posyandu Prakonsepsi.

Diakhir sambutannya Bupati Banggai H. Herwin Yatim memuji apresiasi seluruh perangkat Daerah yang telah bekerja keras dengan maksimal dan fokus sehingga membawa nama baik kab. Banggai sampai saat ini.

Kabupaten Banggai jadi acuan OGP (Open Government Partnership), OGP merupakan inisiatif beberapa negara, bertujuan mewujudkan pemerintah negara dan pemerintah lokal atau daerah yang mendukung pemerintahan yang terbuka, pemberdayaan masyarakat, pemberantasan korupsi, dan pemanfaatan teknologi dalam penguatan pemerintahan. Terpilihnya Kabupaten Banggai sebagai anggota OGP, merupakan bukti pengakuan Pemerintah Pusat dan dunia internasional terhadap upaya daerah Kab. Banggai membangun transparansi, partisipasi publik, dan akuntabilitas pemerintahan.

Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo, menambahkan bagaimana cara Kab. Banggai mendapat Sakip A secara singkat kepada seluruh peserta study.

Pemerintah Daerah Kab. Banggai berhasil meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Wakil Bupati menjelaskan tentang batik tenun Nambo khas Kabupaten Banggai yang telah mendunia tampil di New York Fashion Week, Amerika Serikat. Ciri khas Batik tenun Nambo dengan 3 motif kebanggaan kab banggai yaitu: Manuk Maleo (burung Maleo khas Banggai), cardinal fish, pasula, tampok dan lain-lain.

Walikota Palopo yang diwakili oleh inspektur kota Palopo Drs. H. Asir Mangopo, MM, Mengucapkan terimakasih kepada Pemda Banggai atas sambutannya dan telah menerima rombongan di Kab. Banggai dengan baik.

Walikota Palopo memperkenalkan masing-masing pejabat palopo yang mengikuti study tiru hari ini, yang dihadiri oleh para Kepala OPD Kota Palopo.

Setelah memperkenalkan pejabat-pejabat yang ikut studi Walikota Palopo Mengatakan “bahwa sudah sepantasnya kita melakukan study banding di kab. Banggai, dengan penjelasan yang telah disampaikan tadi oleh Bupati dan Wakil Bupati Banggai sangat luar biasa”.

“Ada dua hal penting yang harus di garis bawahi dan kita pelajari yaitu bagaimana Peningkatan Kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah sehingga bisa memperoleh Sakip A, dan Bagaimana Penerapan aplikasi E-Kinerja pada Pemerintahan Kab. Banggai”, Jelas Asir Mangopo. (LT)

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Relawan Jokowi Berharap Presiden Jokowi Tak Pilih Menteri Dari kader Parpol

Berdaulat.id, Seluruh organ simpul relawan Jokowi menaruh harapan tinggi terhadap reshuffle kabinet yang kabarnya akan dilakukan Presiden...

Klarifikasi Donasi Untuk Masjid di Toronto Canada – Ustadz Adi Hidayat⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣Berdaulat.id, Menanggapi berita yang tengah beredar pada saat ini yang menyebutkan bahwa pembangunan...

Kemana Arah Politik Jokowi Di Pilpres 2024?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, Tiga periode jabatan presiden, hampir tidak mungkin...

Artikel Ramadhan 7 : Shalat Tarawih

Berdaulat.id, Waktu Shalat Tarawih       Waktu shalat Tarawih/Lail adalah sesudah shalat Isya’ hingga terbit...

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, 2024 terasa sangat dekat. Meski masih dua...