Minggu, Juli 21, 2024
BerandaNasionalTragedi Kebakaran di Karo, IPW Desak Kapolres Usut Tuntas Kematian Rico Sempurna...

Tragedi Kebakaran di Karo, IPW Desak Kapolres Usut Tuntas Kematian Rico Sempurna Pasaribu

Berdaulat.id, Indonesia Police Watch (IPW) Mendesak Kapolres Karo, Polda Sumatera Utara untuk Mengusut Tuntas Kematian Rico Sempurna Pasaribu dalam Kebakaran

Karo, 3 Juli 2024 – Kepergian tragis Rico Sempurna Pasaribu dalam kebakaran di rumahnya di Jalan Nabung Surbakti Ujung, Kelurahan Padang Mas, Kabanjahe pada Kamis, 27 Juni 2024 mengundang keprihatinan yang mendalam dari Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara. Kematian Rico bersama istri, anak, dan cucunya telah memicu desakan keras untuk mengungkap kebenaran di balik insiden tersebut.

Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara, yang melibatkan lembaga profesi jurnalis AJI Medan, IJTI Sumut, PFI Medan, dan FJPI, telah melakukan verifikasi dan mendalami kasus ini. Dewan Pers pun tidak tinggal diam, mengeluarkan pernyataan yang menuntut pembentukan tim investigasi yang transparan dan tidak memihak dari Panglima TNI dan Pangdam I Bukit Barisan.

“Dari hasil investigasi Tim Pencari Fakta Komisi Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara, ditemukan indikasi keterlibatan oknum TNI dalam kasus ini, terkait pemberitaan perjudian di lokasi yang sama,” ungkap Totok Suryanto, anggota Dewan Pers.

Koordinator KKJ Sumatera Utara, Array A Argus, menambahkan bahwa kebakaran yang menewaskan wartawan Tribrata TV dan keluarganya diduga terkait dengan liputan terhadap praktik perjudian di Kabanjahe.

Dalam tanggapannya, Indonesia Police Watch (IPW) yang diwakili oleh Ketua Sugeng Teguh Santoso, menegaskan bahwa pihaknya mendesak Kapolres Karo untuk mengusut kasus ini secara menyeluruh. “Kami menuntut agar kekerasan terhadap wartawan, siapapun pelakunya, baik pelaku lapangan maupun aktor intelektualnya, harus diusut dan diadili sesuai hukum yang berlaku,” tegas Sugeng Teguh Santoso.

Kematian Rico Sempurna Pasaribu dan keluarganya tidak hanya meninggalkan duka mendalam di kalangan rekan-rekan jurnalis di Karo dan Sumatera Utara, tetapi juga menunjukkan perlunya keadilan dan keamanan bagi para peliput berita di Indonesia.

Kontak IPW:
Sugeng Teguh Santoso (Ketua IPW) – 082221344458
Data Wardhana (Sekjen IPW)

Penutup

Berita ini menyoroti pentingnya perlindungan terhadap jurnalis dan penegakan hukum yang adil dalam menghadapi kasus-kasus kekerasan terhadap profesi tersebut.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments