Minggu, April 14, 2024
BerandaBerita UtamaUMKM Hingga Perbankan Syariah unjuk Gigi di Mukernas XV Wahdah Islamiyah

UMKM Hingga Perbankan Syariah unjuk Gigi di Mukernas XV Wahdah Islamiyah

Berdaulat.id, MAKASSAR – Rangkaian Mukernas XV DPP Wahdah Islamiyah dihadiri oleh beberapa pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga Perbankan Syariah terbesar di Indonesia, Jumat (25/11/2022).

Dari pantauan awak media, tenant-tenant tersebut menggelar lapaknya di depan Masjid Quba, Asrama Haji Embarkasi Makassar dan beberapa diantaranya berada di depan Poliklinik Asrama Haji Sudiang.

Penanggung jawab tenant ‘Stand Berkah’ Wahdah Islamiyah Adnan Hidayat menjelaskan hadirnya kegiatan Mukernas Wahdah Islamiyah kali ini merupakan event yang ditunggu-tunggu para dai, kader dan simpatisan Wahdah Islamiyah di seluruh Indonesia untuk bersilaturahmi kembali setelah bertugas berdakwah di daerah masing-masing.

Selain itu, ia juga menuturkan, kegiatan Mukernas tidak hanya untuk para kader, dai dan simpatisan, kegiatan Mukernas Wahdah Islamiyah ini juga menjadi ajang bagi para pelaku UMKM dan usaha-usaha lokal untuk mengeksiskan diri sebagai sponsor di kegiatan tersebut.

“Setidaknya ada puluhan unit usaha yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Di lokasi Mukernas pun ada stand booth yang tersedia dan bisa dikunjungi. Mulai dari usaha makanan, aksesoris, biro travel, perbankan syariah, pembiayaan syariah, dan lain sebagainya. Di lokasi Mukernas pun terdapat stand untuk pemeriksaan kesehatan gratis hingga pengecekan kendaraan gratis,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, ada beberapa sponsor yang datang langsung dari pusat Ibu Kota Jakarta.

“Mereka dating ke sini, kemarin saat pembukaan dating dan teken Kerjasama. Hari ini mereka juga buka lapak di arena Mukernas,” ungkapnya.

Salah seorang pelaku usaha bakso bernama Muhammad Noer Ashari mengaku menyiapkan gilingan bakso seberat 20 Kilogram untuk dijajakan di arena Mukernas. Ia bersyukur, jualannya hari itu diborong beberapa peserta.

“Harganya 15 ribu saja. Kita punya yang langsung makan, ada juga bakso yang kita bekukan, dan bisa diolah di rumah nanti. Bumbu juga sudah disediakan,” tuturnya sembari meracik bakso pesanan salah seorang pembeli.

Tak hanya itu, usaha lainnya seperti WI Laundry, yang merupakan unit usaha laundry pesantren ormas Wahdah Islamiyah juga turut hadir menyukseskan pameran usaha. Uniknya, peserta bisa langsung mencuci pakaiannya di tempat itu. Bahkan disediakan diskon khusus yang keuntungannya akan digunakan dalam program dakwah Wahdah Islamiyah.

Ajang pameran ini melibatkan seluruh elemen kader Wahdah Islamiyah dalam rangka menunjukkan inovasi dan hasil usaha yang dimiliki.

Ketua Umum Wahdah Islamiyah Ustadz Zaitun Rasmin mengimbau agar kegiatan tersebut dijadikan momentum untuk kader Wahdah Islamiyah dan masyarakat umum untuk dapat mengakselerasi, memobilisasi, dan mengkapitalisasi aktivitas-aktivitas ekonomi.

“Semoga cepat habis ya. Kita dukung semua yang sifatnya pengembangan ekonomi,” ujarnya saat berkunjung ke salah satu tenant. Sesaat setelah ia turun dari mobilnya di depan Masjid Quba.

Sejak dibuka Kamis (24/11/2022) sore, Mukernas Wahdah Islamiyah telah dipadati oleh para peserta yang datang dari berbagai daerah. Peserta tidak perlu khawatir akan merasa lapar dan haus, karena tersedia berbagai macam kuliner di tenant “Stand Berkah” yang rencananya akan tetap stay hingga Ahad (27/11/2022) lusa.

Laporan: TIM Media Mukernas XV DPP WI

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments