29.1 C
Luwuk
Selasa, April 20, 2021

Yahya Zaini Optimis Vaksin Covid-19 tersebar dalam Waktu Satu Tahun

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Hilangkan Bau Jeroan Hewan Harus Dua Kali Rebus

Berdaulat.id - Sama dengan daging kambing, merebus jeroan atau organ dalam hewan termasuk hewan kurban untuk menghilangkan baunya tak cukup hanya sekali,...

Rapat Virtual Komisi IV DPR Dengan Menteri Kelautan & Perikanan

Berdaulat.id - Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi saat memimpin rapat kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo,Rabu (22/4/2020)...

Pemerintah Diminta Lakukan Rapid Test Para Pedagang di Pasar

Berdaulat.id - Menteri Perdagangan mengatakan kegiatan perdagangan termasuk di pasar tradisional harus tetap dibuka meski pandemi Covid-19 belum berakhir. Hal tersebut selain...

Begini Pesan SBY untuk Presiden Prancis

Berdaulat.id - Pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW dan Islam serta sejumlah aksi kekerasan di Prancis, mengundang...

Berdaulat.id – Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI M Yahya Zaini optimistis target pemerintah atas vaksinasi COVID-19 yang rampung dalam waktu setahun atau paling lambat 15 bulan akan terpenuhi.

“Saya optimistis target tersebut bisa dicapai. Kalaupun meleset ya lebih-lebih sedikit. Karena pemerintah sudah dapat komitmen pembelian vaksin untuk memenuhi kebutuhan sekitar 400 juta lebih vaksin. Pemerintah juga sudah bekerja keras menyiapkan data masyarakat yang akan divaksin,” kata Yahya, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Minggu (7/2).

Untuk mencapai target atau sasaran tersebut, kata dia, tergantung pada kecepatan penyediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi.

Berkaitan dengan vaksinasi kepada tenaga kesehatan yang sedikit terlambat, Yahya menjelaskan hal itu karena data tenaga kesehatan yang bersumber dari Kementerian Kesehatan tidak valid sehingga pendaftaran secara “online” tidak berjalan lancar.

“Tapi sudah diatasi dengan cara manual. Sekarang pergerakannya sudah lumayan lancar. Sampai sekarang sudah sekitar 650 ribu tenaga kesehatan yang divaksin dengan rata-rata harian sekitar 50 ribu orang. Yang divaksin dua kali sudah 71 ribu orang dengan rata-rata harian 19 ribu orang,” ujar Yahya.

Ia mengatakan, kalau vaksinasi berjalan lancar dan sesuai target maka akan terjadi “herd immunity” sehingga tahun 2022 secara berangsur COVID-19 akan berakhir. Oleh karena itu, Yahya meminta semua pihak bekerja keras dan optimistis.

Menurut dia, kunci percepatan vaksinasi untuk mencapai target bebas COVID-19 adalah pada pendataan, sebab kalau data valid maka pelaksanaannya akan lebih cepat.

“Kita selama ini sudah punya pengalaman dengan imunisasi dan cukup berhasil. Kemudian, yang perlu diperhatikan dan dapat jaminan adalah mutu vaksin tetap aman mulai dari produksi, distribusi, penyimpanan sampai digunakan untuk masyarakat,” kata Zaini.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto juga menyampaikan optimistis atas pencapaian target vaksinasi COVID-19 dari pemerintah.

“Kita semua optimistis. Kementerian Kesehatan, Bio Farma, semua optimistis. Sudah ditargetkan oleh Pak Presiden satu tahun,” kata Bambang.

Ia menjelaskan bahwa tugas Bio Farma adalah menyiapkan kebutuhan vaksin dari Kemenkes, dan sejauh ini Bio Farma dalam posisi siap menyediakan vaksin.

“Untuk setahun ini target kita ada 429 juta dosis, ya Bio Farma nanti siapkan, dalam rangka supaya cepat mengatasi COVID-19,” kata Bambang.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Relawan Jokowi Berharap Presiden Jokowi Tak Pilih Menteri Dari kader Parpol

Berdaulat.id, Seluruh organ simpul relawan Jokowi menaruh harapan tinggi terhadap reshuffle kabinet yang kabarnya akan dilakukan Presiden...

Klarifikasi Donasi Untuk Masjid di Toronto Canada – Ustadz Adi Hidayat⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣Berdaulat.id, Menanggapi berita yang tengah beredar pada saat ini yang menyebutkan bahwa pembangunan...

Kemana Arah Politik Jokowi Di Pilpres 2024?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, Tiga periode jabatan presiden, hampir tidak mungkin...

Artikel Ramadhan 7 : Shalat Tarawih

Berdaulat.id, Waktu Shalat Tarawih       Waktu shalat Tarawih/Lail adalah sesudah shalat Isya’ hingga terbit...

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Tony RosyidPengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Berdaulat.id, 2024 terasa sangat dekat. Meski masih dua...