29.1 C
Luwuk
Sabtu, April 17, 2021

YouTube Uji Coba AI Untuk Otomatisasi “Chapter” Video

Data Real Time COVID-19

Baca juga

Legislator PKS Ini Minta Presiden Stop Pencitraan Bantuan

Berdaulat.id - Anggota DPR RI Fraksi PKS Syahrul Aidi Maazat menyebut bahwa presiden bersama jajarannya di pemerintahan terbukti tidak siap dalam menghadapi...

Penempatan Dana Pemerintah di Perbankan Diminta Evaluasi

Berdaulat.id - Anggota Komisi XI DPR Gus Irawan Pasaribu meminta adanya evaluasi dari kebijakan penempatan dana pemerintah sebesar Rp30 triliun kepada perbankan...

Bekerja di Tengah Pandemi Covid-19, Presdir JNE: Bukan Omzet yang Menjadi Tolak Ukur, Tetapi Kemanusian

PT Jalur Nugraha Eka Kurir atau JNE salah satu perusahaan ekspedisi nasional yang mendapatkan surat rekomendasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditanda tangani...

Lama Nggak Muncul, Trio Macan Ganti Personil

Berdaulat.id - Trio Macan yang namanya dikenal sebagai grup vokal dangdut di Indonesia kembali hadir ke industri musik dengan para personel baru.

YouTube belum lama ini telah meluncurkan fitur baru “chapter video,” yang saat ini dilaporkan sedang dilakukan uji coba otomatisasi dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI.

Jika sebelumnya pembuat konten harus menambahkan secara manual stempel waktu di bawah video, untuk mengklasifikasi konten video panjang layaknya bab pada buku, kini YouTube membuatnya lebih mudah dengan menguji bab video secara otomatis.

“Kami ingin memudahkan orang menavigasi video dengan bab video, jadi kami bereksperimen dengan menambahkan bab video secara otomatis (sehingga pembuat tidak perlu menambahkan stempel waktu secara manual),” tulis tim YouTube dalam laman resmi dukungan uji coba dan eksperimen fitur, dikutip Kamis.

“Kami akan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengenali teks untuk membuat bagian video secara otomatis,” tim YouTube menambahkan.

YouTube mengatakan telah melakukan uji coba pada sebagian kecil video. Platform berbagi video milik Google itu juga meminta pengguna yang terdampak uji coba untuk memberikan tanggapan.

Selain menguji coba fitur untuk memudahkan pembuat konten, YouTube juga melakukan uji coba cara yang lebih mudah untuk menambahkan stempel waktu yang terkait dengan momen yang ditonton saat mengomentari video.

Jika sebelumnya orang-orang saat berkomentar biasanya memasukkan sendiri catatan waktu momen tertentu yang membuat mereka terkesan, YouTube kini menguji coba untuk membuatnya otomatis.

“Orang-orang dalam eksperimen akan melihat ikon baru saat mereka menulis komentar yang dapat mereka ketuk untuk menambahkan waktu secara otomatis dari video (tanpa harus memasukkannya sendiri secara manual!),” tulis tim YouTube.

Saat ini, uji coba tersebut hanya tersedia untuk sebagian kecil pengguna.

Berita lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terbaru

Partai Gelora: Teruslah berkolaborasi, hanya soal waktu

Berdaulat.id, Keyakinan kita dengan narasi baru dalam berpolitik, harus menghujam kuat dalam sikap, tindakan dan Aksi aksi...

Partai Gelora Sambut Baik Keputusan AS Tarik Mundur Pasukannya dari Afghanistan setelah 20 Tahun

Berdaulat.id, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyambut baik keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menarik 9.600...

Partai Gelora: Mengokohkan Identitas Sebagai Partai Nasionalis, Religius, dan Millenial

Berdaulat.id, Lahir di tengah krisis, partai baru tentu punya PR yang amat besar. Dengan...

Audiensi dengan Ketua SKK Migas, Kapolri Tekankan Pendampingan Untuk Sehatkan Iklim Investasi

Berdaulat.id, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audiensi dengan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan...

Didera Kasus Hukum, Habib Rizieq Shihab Malah Sukses Raih Gelar Doktor dari Universiti Sains Islam Malaysia

Berdaulat.id, JAKARTA – Imam Besar Front Persatuan Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab lulus dari ujian program doktoral...